oleh

Unicef Minta Sekolah Pastikan Opsi Belajar Jarak Jauh

JAKARTA (PTIMES)- Menyusul pengumuman oleh pemerintah pusat dan daerah yang menyerukan agar anak-anak belajar dari rumah sebagai respon terhadap COVID-19, UNICEF mendesak otoritas sekolah untuk memastikan bahwa ada rencana untuk opsi pembelajaran jarak jauh dan akses ke layanan penting untuk semua anak.

“Ketika sekolah normal anak-anak terganggu, sangat penting untuk menempatkan platform pembelajaran alternatif, seperti internet, siaran radio dan televisi, untuk mengurangi dampak penutupan sekolah yang berkepanjangan terhadap kesejahteraan anak-anak,” , ”kata Perwakilan UNICEF Debora Comini dalam press releasnya yang diterima redaksi PAPUA TIMES, Senin (16/3/2020)

Menurut Debora, yang sama pentingnya adalah menjaga layanan esensial untuk anak-anak, seperti program pemberian makanan atau dukungan psikososial – terutama untuk kelompok yang paling rentan. Jika sekolah tetap dibuka seperti biasa, pedoman operasional yang aman harus diikuti untuk memastikan bahwa anak-anak dan keluarga mereka tetap dilindungi dan diberi informasi.

UNICEF juga mendesak sekolah – baik yang tetap dibuka atau yang membantu melalui pembelajaran jarak jauh untuk memberikan siswa dukungan holistic. “Sekolah harus memberi anak-anak informasi penting tentang mencuci tangan dengan sabun dan tindakan lain untuk melindungi diri mereka sendiri dan keluarga mereka; memfasilitasi dukungan kesehatan mental; dan membantu mencegah stigma dan diskriminasi dengan mendorong siswa untuk bersikap ramah dan saling tolong menolong serta menghindari stereotip ketika berbicara tentang virus,”ujarnya.

Dikemukakan Deobra, dengan memberikan informasi praktis dan akurat tentang cara mencegah penyebaran virus, sekolah dapat mendorong siswa untuk menjadi pendukung pencegahan dan pengendalian penyakit di rumah, di sekolah dan di komunitas mereka.

Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC), UNICEF dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) minggu lalu mengeluarkan panduan global baru untuk membantu melindungi anak-anak dan sekolah dari penularan virus COVID-19. Panduan ini juga menawarkan tips dan daftar periksa (checklist) yang bermanfaat untuk orang tua dan pengasuh, serta anak-anak dan siswa itu sendiri.

Editor: HASAN HUSEN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed