oleh

PON XX, 10 Cabor Non PON Diakomodir Lewat Kejurnas

JAYAPURA (PTIMES)- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Pemerintah Provinsi Papua menyepakati 37 Cabang Olahraga (Cabor) dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Tanah Papua, 20 Oktober 2020 mendatang.

Sedangkan 10 Cabor yang batal dipertandingkan di PON akan difasilitasi melalui single event nasional seperti seperti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan lainnya sehingga pembinaan atlet tetap berlangsung.

Demikian disampaikan, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua, Alexander Kapisa,ST menjawab pers terkait pengurangan Cabor PON dari 47 Cabor menjadi 37 Cabor.

“Awalnya 47 Cabor yang diusulkan namun disepakati menjadi 37 Cabor saja. Sedangkan 10 Cabor yang tidak masuk PON, KONI akan menyiapkan iven-iven nasional untuk Cabor-Cabor tersebut sehingga pembinaan tetap dilakukan,”ungkap Kapisa.

10 Cabor yang batal dilombakan di PON antara lain Balap Sepeda, Bridge, Dansa, Gateball, Golf, Pentaque, Soft Tenis, `Ski Air, Tenis Meja, Woodball.

Menurut Kapisa, pengurangan Cabor juga terkait dengan kesiapan venue dan kluster atau tempat penyelenggaraan PON di Papua yang berkurang menjadi tiga kluster yakni kluster Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Mimika serta Kabupaten Merauke sebagai daerah peyangga.

Sementara itu, Sekretaris KONI Provinsi Papua, Kenius Kogoya,SP. M.Si menegaskan bahwa KONI Papua tetap melakukan pembinaan kepada atlet-atlet dari 10 Cabor yang batal ikut PON XX.

Kenius bilang penetapan 37 Cabor PON merupakan keputusan final sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Nomor :100 Tahun 2019. “Keputusan penetapan 37 Cabor itu sudah final dan sudah dikoordinasikan dengan KONI pusat, Kemenpora dan Kemenko PMK atas perintah Presiden,”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kenius menginformasikan bahwa KONI sedang fokus mempersiapkan atlet-atlet Papua untuk berlaga di PON XX.
37 Cabor yang masuk PON XX antara lain Aerosport, Akuatik, Anggar, Atletik, Angkat Besi/Angkat Berat/Binaraga, Baseball/Softball, Bermotor, Biliar, Bola Basket, Bola Tangan, Bola Voli, Bulutangkis, Catur, Cricket, Dayung, Gulat, Hoki, Judo, Karate, Kempo, Layar, Menembak, Muaythai, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Rugby 7’s, Selam, Senam, Sepakbola/Futsal, Sepak Takraw, Sepatu Roda, Taekwondo, Tarung Derajat, Tenis, Tinju, Wushu.

Editor: HANS BISAY

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed