oleh

PON XX, Inpres Baru Akomodir 2 Venue Cabor

JAYAPURA (PTIMES)- Instruksi Presiden (Inpres) baru tentang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua dalam waktu dekat akan segera ditandatangani Presiden RI Joko Widodo.

Dalam Inpres tersebut terdapat dua venue atau tempat pertandingan yang akan dibangun dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yakni venue Cabang Olahraga (Cabor) Panahan dan Sepatu Roda

Hal itu dikemukakan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Papua, Alexander Kapisa, ST menjawab pers, Rabu (9/10/2019) di Jayapura.

“Dalam Inpres baru ini, Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) mempunyai tanggungjawab untuk membangun venue. Inpres baru PON ini hanya dua venue saja yang dibangun PUPR yakni vnue sepatu roda dan venue panahan,”kata Alexander.

Sedangkan venue venue balap motor di Kabupaten Merauke, kata Kapisa, venue grass track bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Merauke. Sementara venue untuk road race menggunakan dana Kementerian PUPR.

“Untuk venue road rice tidak masuk dalam Inpres PON, tapi dibangun pake dana reguler Kementerian PUPR dan akan dibangun oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XVIII Jayapura,” jelasnya.

Lebih lanjut Alexander mengatakan Inpres PON dan Peparnas yang berada di Kementerian Sekretariat Negara, kini dikembalikan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Inpres ini seharusnya sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo, namun dalam Rapat Terbatas (Ratas) yang digelar oleh Presiden bersama Menteri terkait dan Gubernur Papua Lukas Enembe terjadi pengurangan pada cabang olahraga dan Klaster. Dengan demikian, ada perubahan dalam sisi bahasa hukum dari Inpres baru PON ini.

“Saat ini Inpres baru PON dikembalikan dari Deputi Perundangan-Undangan Sekretaris Negara kepada Kemenpora selalu inisiator untuk diperbaiki, menyesuaikan dengan keputusan Rapat terbatas Presiden Joko Widodo dengan Kabinet terkait. Dimana, ada pengurangan cabang olahraga maupun Klaster penyelenggara,”kata Kepala Kantor Penghubung Papua itu.

Alexander memastikan Inpres baru PON akan ditandatangani Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat, mengingat teman-teman di Kementerian PUPR juga menunggu untuk mereka membangun venue PON Papua.

“Saya besok kembali ke Jakarta untuk bersama-sama dengan Kementerian Pemuda dan olahraga menyelesaikan masalah inpres ini. Inpres ini harus segera keluar karena teman-teman di Kementerian PUPR juga menunggu untuk mereka bekerja,” ujarnya.

Editor: HANS B/LAMBERTH P

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed