oleh

Stadion PB untuk PON, Olimpiade dan Piala Dunia

JAYAPURA (PTIMES)- Stadion Papua Bangkit tidak hanya disiapkan untuk pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang. Namun juga dibidik salah satu stadion yang disiapkan pemerintah untuk promosi Olimpiade 2032 dan piala dunia 2034 bila Indonesia resmi menjadi tuan rumah.

“Stadion ini disiapkan juga dalam rangka persiapan Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 dan setelah itu Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 yang butuh stadion berstandar FIFA,”ungkap Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi saat kunjungan kerjanya ke Jayapura dalam rangka meninjau pembangunan Stadion Papua Bangkit, Jumat (21/6/2019) di Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayaprua, Provinsi Papua.
Menpora mengatakan saat ini bangsa Indonesia sedang menyiapkan diri menjadi tuan rumah olimpiade 2032 dan tahun 2020 akan menjadi tahun untuk menjadi momentum meyakinkan negara-negara lain untuk datang ke Indonesia.
“Bersamaan di tahun 2020 ada Olimpiade Tokyo 2020 dan PON XX Papua ini akan menjadi ajang promosi bagi Indonesia meyakinkan negara-negara dunia bahwa Indonesia itu tidak hanya Jakarta, tidak hanya Palembang, tidak hanya Kaltim, Riau, Bandung tapi di Papua ada venue berstandart dunia,” kata Menpora dalam Rakor Percepatan Pembangunan Infrastruktur/GOR Guna Mendukung Pelaksaan PON XX tahun 2020 di Hotel Aston, Jayapura, Papua, Jumat sore.
Menurutnya, PON Papua akan dimaksimalkan dalam hal promosinya sehingga masyarakat tidak lagi melihat akan datangnya SEA Games Filipina tetapi semua terobsesi berpartisipasi mensukseskan PON Papua 2020. “Saat ini orientasi pemerintah tidak lagi SEA Games tapi sudah Asian Games dan olimpiade untuk multieven internasionalnya,” tambahnya.
Menpora Imam Nahrawi didampingi Plt. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti juga menggarisbawahi pentingnya pematangan skema kepanitiaan dan SDM untuk PON XX/2020. “Konsolidasi kepanitian harus lebih maksimal karena venue-venue ini tidak terpusat di Kota Jayapura saja tapi tersebar di beberapa kabupaten/kota ini tantangan dan baru pertama kali, PB PON harus sering konsolidasi dan memberi ruang masyarakat agar berpartisipasi/setidaknya menjadi volunter,” tutur Menpora.
“Terima kasih kepada Gubernur, Walikota, DPRD dan seluruh kita bahwa kita telah betul-betul menyongsong diri menyambut PON XX/2020 semoga kita semua bisa memberikan kenangan baik dan indah bagi siapa saja dan siapapun yang datang ke Papua tidak hanya menikmati PON tapi juga menikmati indahnya alam Negeri Matahari Terbit,” tutup Menpora.
Hadir dalam rakor ini, Staf Khusus Kerjasama dan Komunikasi Zainul Munasichin, Plt. Asdep Olahraga Prestasi Ahmad Arsani, Sekda Prov Papua Hery Dosinaen, Kadispora Prov Papua Daud Ngabalin, perwakilan Bappenas Felix Wanggai, pimpinan DPR Papua, para walikota, para bupati, wakil bupati.

Editor: JAVARIS R SINAMBELA/HUMAS KEMENPORA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed