Papua dan 4 DOB Lolos PON Aceh-Sumut Cabor Gateball

JAKARTA | PAPUA TIMES- Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi) mengumumkan 27 provinsi lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

Dari 27 provinsi itu, 5 provinsi diantaranya berasal dari Tanah Papua yakni Tim Gateball Provinsi Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah, Papua Selatan dan Papua Barat Daya.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Ketua Penyelenggara Babak Kualifikasi PON XXI Cabang Olahraga (Cabor) Gateball, Thomas Aden menyebutkan dari 29 provinsi yang bertanding di babak kualifikasi, sebanyak 21 provinsi lolos untuk mengikuti PON di 8 nomor pertandingan.

“Ditambah Provinsi Aceh-Sumut sebagai tuan rumah serta 4 Daerah Otonomi Baru yaitu Papua Pegunungan, Papua Selatan, Papua Barat Daya dan Papua Tengah. Sehingga semua ada 27 provinsi total yang akan ikut ke PON dari cabang olahraga Gateball,” kata Thomas dalam keterangan resminya.

Thomas yang juga Plt Ketua Umum Pengprov Pergatsi DKI Jakarta menjelaskan 27 provinsi yang lolos PON akan bertanding di 8 kategori atau nomor pertandingan yakni nomor tunggal putri diikuti 6 provinsi yaitu Sumatera Barat, Bali, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan.

Kemudian Nomor Tunggal Putra diikuti Provinsi Lampung, Sumatera Bara, Sulawesi tengah, DKI Jakarta, Kalimantan Timur dan Bali.

Nomor Ganda Pria yang lolos Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, Yogyakarta, Bangka Belitung, Bali dan Sulawesi Utara.

Nomor Ganda Campuran akan berhadapan Sulawesi Tenggara, Jambi, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Yogyakarta dan Bali.

Nomor Triple Putra diikuti Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Bali dan Kalimantan Timur.

Nomor selanjutnya Triple Campuran berhadapan Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Papua.

Nomor Beregu Putra Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Gorontalo, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur.

Sedangkan nomor terakhir Nomor Beregu Campuran berhadapan Bali, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Jabara dan Sumatera Barat.

Ketua PB Pergatsi Saat Menyapa Kontingen Peserta Babak Kualifikasi.(foto:PUPR)

PB Pergatsi menggelar Babak Kualifikasi PON XXI Gateball pada tanggal 23-25 Juni 2023 di Bumi Serpong Damai, Tanggerang, Banten.

Ketua Ketua Umum PB Pergatsi, Basuki Hadimuljono menyampaikan apresiasi kepada seluruh kontingen yang lolos ke PON Aceh-Sumut.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI itu berharap para atlet dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk berlaga pada pesta olahraga terakbar se-Indonesia yang akan digelar tahun 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. “Selamat untuk para pemenang dalam babak kualifikasi dan sukses dalam pertandingan PON Aceh-Sumut.”

Editor | HASAN HUSEN