Tuan Rumah Pra-PON XXI, Asprov PSSI Minta Dukungan KONI Papua

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Papua menerima surat dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat untuk menjadi tuan rumah penyelenggaran babak pra-kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Cabang Olahraga (Cabor) Sepakbola Putra Putri maupun Futsal Putra dan Putri.

Ketua Umum Asprov PSSI Papua, Benhur Tomi Mano mengatakan dengan penunjukan ini maka pihaknya berharap KONI Papua dapat mendukung perhetalan babak kualifikasi tersebut. Asprov PSSI telah resmi mengajukan surat kesiapan sebagai tuan rumah.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Asprov PSSI Papua telah menerima surat dari KONI Pusat dan setelah itu kita telah menggelar rapat Exco PSSI Asprov Papua. Dalam surat yang kami terima diajukan sebagai tuan rumah pelaksanaan Pra-PON untuk cabor sepak bola putra, putri dan futsal putra putri,” kata Benhur Tomi Mano, Minggu (2/7/2023).

Mano berharap Papua menjadi tuan rumah pra-PON cabor tersebut, lantaran sebagai juara bertahan peraih medali emas pada pelaksanaan PON XX tahun 2021 lalu. Sehingga hal tersebut juga sudah disurati kepada KONI Papua untuk ditindaklanjuti.

“Papua sebagai tuan rumah Pra-PON sangat layak karena juara bertahan pada PON XX tahun 2021 lalu. Dan kami layak diajukan sebagai tuan rumah Pra-PON dan kami telah menyurati KONI Provinsi Papua untuk hal ini untuk mendapatkan respon atau jawaban
sebagai tuan rumah Pra-PON,” ujar BTM.

“Kami sudah ajukan itu kepada KONI Provinsi Papua, kalau ada ketersediaan dana maka kami siap untuk melaksanakan sebagai tuan rumah Pra-PON. Itu juga akan mendorong semangat kita sebagai tim juara, dan untuk itu kita bisa mempertahankan tiket ke PON dan bisa merebut empat medali emas.,” tandas BTM.

Provinsi Papua sangat layak sebagai tuan rumah Pra-PON cabang olahraga sepak bola dan futsal karena memiliki venue berstandar internasional cabor sepak bola yakni Stadion Mandala dan Stadion Utama Lukas Enembe. Begitupun Cabor Futsal, venue di Mimika memenuhi standar.

“Stadion-stadion kami sudah layak untuk digunakan untuk Pra-PON seperti yang kami gunakan pada PON XX tahun 2021 lalu yang sudah diverifikasi, seperti Stadion Mandala, dan kita punya stadion terbesar dan megah Stadion Lukas Enembe. Dan juga venue futsal di Mimika yang bertaraf internasional,” ujarnya.

Editor | TIM