oleh

10 Cabor Diusulkan Dicoret Dari PON XX, KONI Tetap Siapkan Atlet Papua

JAYAPURA (PTIMES)- Sebanyak 10 Cabang Olahraga (Cabor) masing-masing Gateball, Woodball, Balap Sepeda, Bridge, Criket, Dansa, Ski Air ,Soft Tenis, Ski Air dan Pentaque masuk dalam daftar Cabor yang diusulkan untuk tidak dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Tanah Papua.
Hal itu dikemukakan Ketua Pengurus Besar (PB) PON Papua, Lukas Enembe,S.IP.MH didampingi Ketua Harian PB PON, DR Yunus Wonda,SH menjawab pers, Senin Siang (09/9/2019) usai Rapat Bersama dengan BUMN dan Perbankan di Jayapura.
Menurut Gubernur Papua ini, Cabor yang akan dicoret itu akan dibahas lagi dengan KONI Pusat. “Cabor ini yang kita minta dicoret, tapi kan masih akan dibahas lagi, kita juga usulkan cabor yang memudahkan Papua mendapat medali, kita tuan rumah kalau kalah itu kan tidak benar, sebagai tuan rumah pasti ingin meraih emas sebanyak-banyaknya,” katanya menjawab warrtawan.
Dikemukakan Enembe, pengurangan Cabor-Cabor tersebut berdasarkan hasil rapat terbatas Presiden dan pemerintah Papua mengenai kesiapan Papua sebagai tuan rumah sehingga diputuskan pengurangan Cabor dari 47 menjadi 37 Cabor.
Dia menambahkan 10 Cabor tersebut masih dalam tahap pembahasan dan akan difinalkan dalam beberapa waktu kedepan. “Cabor ini yang sementara dibahas di KONI Provinsi, karena kita melihat Cabor-Cabor yang memudahkan kita mendapat medali emas bagi kontingen Papua,”ungkap Enembe yang juga Ketua KONI Papua.

Sekum KONI Bersama Pengurus Puslatprov Foto Bersama Usai Menghadiri Penutupan kegiatan Character Building dan Achievement Motivation Training (AMT) gelombang pertama bagi atlet dan pelatih proyeksi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020, di Rindam XVII Cenderawasih Sentani, Jayapura.

Sementara itu, Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, Kenius Kogoya,SP.M.Si mengatakan pembinaan dan Training Center (TC) atlet-atlet Papua jelang PON XX tetap dilaksanakan. KONI Papua tak terpengaruh dengan rencana pemerintah mengurangi jumlah Cabor yang akan dipertandingan pada PON XX tahun 2020 mendatang.
“KONI Papua bersama Pusat Latihan Provinsi (Puslatprov) akan tetap menyiapkan atlet Papua untuk 47 cabor. Kalau cabor mau kurangi itu urusan pemerintah, kita tetap menyiapkan atlet,” kata Kenius.
Menurut Kenius, pembinaan dan penyiapan atlet Papua bukan hanya untuk iven PON XX semata tetapi juga iven-iven lanjutan pasca PON. “Kita juga harus bina atlet, bagaimana dia punya disiplin untuk menjadi pribadi yang tangguh,”tambah Kenius usai memimpin dan tidak terpengaruh dengan hal-hal yang tidak baik ketika dia kembali ke rumahnya,” ujar Sekum KONI saa menutup kegiatan Character Building dan Achievement Motivation Training (AMT) gelombang pertama bagi atlet dan pelatih proyeksi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020, di Rindam XVII Cenderawasih Sentani, Jayapura.

Editor: AZIS MATDOAN/HANS BISAY

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed