Gubernur Safanpo Bangga Pelajar Papua Selatan Terpilih jadi Anggota Paskibraka Nasional

MERAUKE | PAPUA TIMES- Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan, Ir.Apolo Safanpo mengapresiasi dan bangga, dua pelajar asal Bumi Animha terpilih sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) tahun 2023 tingkat nasional.

“Mereka sangat beruntung terpilih sebagai pembawa bendera untuk dikibarkan pada Upacara HUT Kemerdekaan RI tahun 2023. Ini sebagai momen bersejarah dan perdana anak Papua dipercayakan untuk tugas negara,” ungkap Apolo Safanpo dengan bangga.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

Kedua Anggota Paskibraka Nasional dari Papua Selatan itu, atas nama Juan Paulinus Damianus Faya dan Esthie Stevanie. Keduanya dikukuhkan sebagai anggota Paskibraka oleh Presiden Joko Widodo.

Juan yang berasal dari Kabupaten Asmat harus menempuh perjalanan laut selama 5 hari 5 malam untuk sampai di Kabupaten Merauke mengikuti seleksi Paskibraka tingkat provinsi, hingga akhirnya lolos.

“Juan adalah satu dari 76 pelajar yang tahun ini akan bertugas sebagai Paskibraka pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2023 di Jakarta.”

Sementara itu, Pj. Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo mengukuhkan 41 Paskibraka HUT ke 78 RI tahun 2023 Papua Selatan.

Pengukuhan berlangsung di Gedung Negara Merauke, Provinsi Papua Selatan, Rabu (16/8/2023) sore. Diawali dengan pembacaan ikrar oleh seluruh peserta Paskibraka yang sudah siap mengibarkan Sang Merah Putih pada Kamis (17/8/2023) pagi di Stadion Katalpal Mopah Merauke.

Dilanjutkan dengan pernyataan pengukuhan, penyematan lencana kepada pemimpin upacara oleh pembina upacara. “Dengan dikukuhkan hari ini kita harapkan besok pada puncak upacara mereka bisa melaksanakan tugas pengibaran bendera merah putih dengan baik dan benar,” ucap Apolo usai pengukuhan.

Berikut nama-nama petugas inti Paskibraka:
1. Komandan pleton paskibra oleh Vanzel Anthony Josh Kalalo, berasal dari SMA YPPK Yohanes XXIII Merauke. Anak dari Bapak Paul Justus Simon Kalalo dan Ibu Joice Telly Rundengan, asal Kabupaten Merauke.

2. Pembawa Baki (Pengibaran) oleh Afrita Anggelina Mbanggu dari SMK Negeri 11 Merauke Distrik Naukenjerai. Anak dari Bapak Rudi Mbanggu dan Ibu Afra Wanggaimu, asal Merauke.

3. Pembawa Baki (Penurunan) oleh Risna Rasyid dari SMAN 1 Agats, anak dari Bapak Alm. AND Rasyid dan Ibu Rosnaeni, asal Asmat.

4. Pengibar Bendera oleh:
1). Herman Yosep Sarbunan dari SMKN 3 Merauke. Anak dari Alm. Wardoyo dan Ibu Oktofina Sarbunan, asal Merauke.
2). Christian Enzo Awaniter asal sekolah SMAN 2 Merauke, anak dari Bapak David Awaniter dan Ibu Brasalina Deda, asal Merauke.
3). Philippe Yaten Kamagaimu asal sekolah SMA YPPK Yohames Paulus Kepo, Kabupaten Mappi. Anak dari Bapak Mathias Kamagaimu dan Ibu Suzana Paulince Miagan, asal Mappi.

Usai pengukuhan dilanjutkan dengan penyerahan bendera pusaka diserahkan Pj Gubernur PPS kepada peserta Paskibraka di Halaman Gedung Negara Merauke.

Editor | RUDIS

Komentar