Peran Kepala Sekolah Dalam Pendidikan

Oleh: JENET NGADERMAN
(Mahasiswa Program Magister Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Cenderawasih)

Sekolah berkualitas atau tidak berkualitas sangat bergantung pada leadership dari kepala sekolah , karena dialah pimpinan tertinggi di sekolah dan dialah yang bisa mengambil keputusan dalam segala hal tentang guru yang direkrut, penugasan guru, rotasi guru, pembinaan guru dan bahkan promosi kepangkatan guru.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

Demikian pula dengan sarana serta prasarana Pendidikan kepala sekolah memiliki otoritas yang sangat besar untuk pengadaan sarana prasarana.

Kepala sekolah sebagai supervisor memiliki beban peran dan tanggung jawab memantau, membina, dan memperbaiki proses belajar mengajar di kelas atau di sekolah. Tanggung jawab ini dikenal sebagai tanggung jawab supervisi. Sebagai unsur pimpinan dalam sistem organisasi persekolahan, kepala sekolah berhadapan langsung dengan guru sebagai unsur pelaksana proses belajar mengajar.

Kepala sekolah dapat diibaratkan sebagai supir yang menentukan kemana sekolah hendak dibawa (visi sekolah). Oleh karena itu , kepala sekolah harus berwawasan jauh ke depan (visioner).

Sukses atau gagalnya sekolah dalam mencapai tujuannya sangat ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolahnya, karena tidak ada sekolah yang sukses dipimpin oleh kepala sekolah yang jelek. Sekolah yang sukses dipimpin oleh kepala sekolah yang sukses pula.

Guru yang sukses dibina oleh kepala sekolah yang sukses. kepala sekolah yang sukses dibina oleh pengawas yang sukses. Kepala sekolah yang sukses idealnya berasal dari guru yang paling sukses karena dia diharapkan mampu membimbing guru binaanya untuk guru yang sukses pula melalui keteladanannya.

Peran utama kepala sekolah sebagai pemimpin Pendidikan adalah menciptakan situasi belajar mengajar sehingga guru-guru dapat mengajar dan murid-murid dapat belajar dengan baik.

Dalam melaksanakan peran tersebut kepala sekolah memiliki tanggung jawab ganda yaitu melaksanakan administrasi sekolah sehingga tercipta situasi belajar mengajar yang baik dan melaksanakan supervisi sehingga guru-guru bertambah dalam menjalankan tugas-tugas pengajaran dan dalam membimbing pertumbuhan murid-murid.

Kepala sekolah yang mampu menjalankan fungsi sebagai Pendidik, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator, dan Motivator dengan baik dapat dikatakan sebagai kepala sekolah yang memiliki kemampuan memimpin yang baik.

Untuk itu Kepemimpinan kepala sekolah harus benar-benar dapat di pertanggungjawabkan, karena tanggung jawab kepala sekolah sangat penting dalam menentukan tinggi rendahnya hasil belajar para siswa, juga produktivitas dan semangat kerja guru.***

Komentar