IEP dan Pemprov Papua Pegunungan Teken MoU Pengembangan SDM

WAMENA | PAPUA TIMES- Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan menjalin kerjasama dengan Indonesia Education Partnerships (IEP) dalam rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kerjasama ini ditandai penandatanganan Momerandum Of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Pemprov Papua Pegunungan oleh Penjabat Gubernur Dr. Velix V Wanggai dan Brook Williams Ros,MA.,MBA, Managing Director Indonesia Education Partnerships disaksikan Samuel Tabuni, Founder Maga Edukasi Papua dan Papua Language Institute (PLI).

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

Penandatanganan nota kesepahaman berlangsung di ruang kerja Gubernur Papua Pegunungan di Wamena, kabupaten Jayawijaya, Selasa 4 Juni 2024.

Penjabat Gubernur Papua Pegunungan, Dr. Velix V Wanggai mengatakan kerjasama antara Pemprov Papua Pegunungan dan para pihak difokuskan pada pendampingan, advokasi, komunikasi dan fasilitasi pelajar, mahasiswa dan mahasiswi asal Papua Pegunungan di Amerika Serikat.

“4 juni 2024 di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan adalah hari bersejarah dimana kami menjalin kerjasama dengan Indonesia Education Partnerships (IEP) untuk melayani mendampingi anak-anak kami, pelajar mahasiswa Papua Pegunungan yang berada di Amerika. Kerjasamanya meliputi pendampingan, advokasi, komunikasi dan fasilitasi pelajar serta mahasiswa Papua Pegunungan dengan pihak kampus yang berada di Amerika,”jelas Velix.

Lebih lanjut, Velix Wanggai mengatakan latar belakang Pemprov Papua Pegunungan menjalin kerjasama dengan IEP karena Lembaga tersebut bersama PLI memiliki pengalaman mendukung dan memfasilitasi putra-putri Papua Pegunungan yang sedang studi di berbagai universitas di Amerika Serikat hingga sukses menyelesaikan studi dengan baik.

“Pengalaman dari IEP maupun PLI dapat membantu Pemprov Papua Pegunungan mendampingi dan menyiapkan pelajar, mahasiswa Papua Pegunungan yang akan studi keluar negeri khususunya di Amerika Serikat,”ungkap Gubernur Wanggai.

Orang nomor satu di Papua Pegunungan itu berharap dengan kerjasama tersebut, IEP dan PLI dapat mendukung upaya pemerintah melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) Papua Pegunungan unggul dengan kapasitas intelektual tinggi serta memiliki karakter, dan mentalitas yang baik.

“Kami berharap kerjasama ini, IEP bergandengan dengan PLI yang berkedudukan di Jayapura dapat menyiapkan pelajar dan mahasiswa Papua Pegunungan terkait akademik, penguasaan Bahasa inggris dan pengetahuan budaya negara tujuan. Sehingga anak-anak kami dapat menjalani studi di Amerika dan luar negeri dengan baik,”tandas Gubernur Wanggai.

Sementara itu, Managing Director Indonesia Education Partnerships, Brook Williams Ros,MA.,MBA mengapresiasi Pemprov Papua Pegunungan yang telah menjalin kerjasama dengan lembaganya itu.

Ia menjelaskan bahwa IEP bekerjasama dengan PLI dalam beberapa waktu tahun terakhir mendampingi mahasiswa dan mahasiswi asal Papua Pegunungan di berbagai perguruan tinggi dan telah menyelesaikan studi dengan baik.

IEP merupakan lembaga konsultan kemitraan berkelanjutan dengan misi sosial untuk memberdayakan pembangunan Indonesia berkelanjutan. Salah satunnya dibidang pendampingan Pendidikan bagi mahasiswa dan mahasiswi asal Indonesia termasuk Papua yang kuliah di Amerika Serikat.

Sedangkan PLI merupakan lembaga Pendidikan yang mempersiapkan pelajar dan mahasiswa Papua terkait akademik, penguasaan Bahasa inggris serta budaya negara tujuan sebelum mereka menjalani kuliah di luar negeri.

Editor |HANS AL | HENDROL K

Komentar