Pemilu di Tanah Papua Aman

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Para calon anggota legislatif (Caleg) Papua diminta untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Bumi Cenderawasih. Gunakan jalur hukum yang ditentukan dalam aturan perundang-undangan apabila merasa dirugikan dalam proses Pemilu 14 Februari 2024 lalu.

Pesan itu disampaikan Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K terkait Pemilu yang kini sedang memasuki tahap perhitungan suara.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Jaga dan pelihara pesta Demokrasi di tanah Papua sehingga menjadi ciri tersendiri untuk bagaimana Papua kedepan lebih maju daripada Papua yang telah kita lalui beberapa waktu kemarin,” tuturnya.

“Mari kita jaga kita tunggu menggunakan cara-cara yang sesuai dengan ketentuan aturan hukum yang ada. Papua boleh berbeda Papua boleh banyak tetapi satu, kita anak-anak yang hidup di negeri ini Tanah Papua Jaga dan pelihara kedamaian itu,” tambahnya.

Kapolda mengatakan penyelenggaraan Pemilu di Papua hingg kini berlangsung aman dan damai.

Diakuinya, Pemilu di Papua punya tingkat kesulitan sendiri. Dari keterbatasan dan kondisi geografis yang begitu cukup sulit. “Namun kami bisa bekerja sama dengan semua unsur mulai dari masyarakat itu sendiri tokoh-tokoh masyarakat para hamba tuhan dan para penyelenggara termasuk kami aparat TNI-Polri semua bisa berjalan dengan baik,” ungkap Irjen Pol Mathius.

Terkait proses perhitungan suara yang belum selesai, Kapolda mengatakan kemungkinan dalam pekan ini proses tersebut bisa diselesaikan sehingga bisa dilanjutkan ke perhitungan ditingkat KPU Kabupaten dan Kota.

“Mudah-mudahan dalam minggu ini kan sudah masuk dalam tingkat Kabupaten bisa jalan cepat supaya suara itu bisa dibawa di Provinsi dan proses berikutnya yang akan dilakukan oleh KPU Provinsi,” harap Kapolda.

Editor | PAPUA GROUP