Eks Kapten Persipura: Semua Bilang Begitu, Yan Mandenas Boleh

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Selangkah lagi, Tim PSBS menuju liga 1 Indonesia. Untuk sampai di kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia tersebut, skuad berjuluk badai pasifik itu tinggal menjamu Persiraja Banda Aceh pada babak semifinal leg kedua di Stadion Cenderawasih Biak, Papua, Kamis mendatang 29 Februari 2024. Bila Ruben Sanadi, Beto Gonsalves dan kawan-kawan bisa memenangkan leg kedua maka dipastikan PSBS mengantongi satu tiket menuju liga 1.

Prestasi PSBS Biak saat ini, tidak terlepas dari tangan dingin managernya Yan Permenas Mandenas (YPM) yang sejak awal bertekad membawa tim ini ke liga bergengsi seantero Indonesia.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Eks Kapten Persipura, Fernando Fairyo memberikan apresiasi tinggi atas keberhasilan YPM memanage PSBS hingga mencapai prestasi saat ini. Yang pasti, lanjut Fairyo, Yan Mandenas pantas mendapat apresiasi dari masyarakat dan layak menduduki kursi DPR-RI karena berhasil mengharumkan nama Papua.

“Semua bilang begitu, Yan Mandenas tra kosong. Yan Mandenas boleh, bisa bawa tim asal Papua kembali ke kompetisi terbaik Indonesia,”ujar Nando (panggilan akrabnya), Senin 26 Februari 2024 di Jayapura.

“Yang pasti di Papua pada umumnya, menilai seseorang sukses, biasa di ukur dari keberhasilan memegang tim sepakbola. Seperti mantan gubernur Acub Zainal dan mantan Walikota Jayapura. MR Kambu yang membawa Persipura ke level sepakbola nasional dan meraih prestasi terbaik. Jika gagal mengurus tim maka gagal pula usaha ke panggung politik,”ujarnya.

Fernando mengatakan Sepakbola dan Politik memiliki kesamaan dan linier dalam mengangkat harkat dan martabat masyarakat dan nama daerah.

“Contohnya Jack Komboy, adalah figur yang sukses di sepakbola maka mendapat kepercayaan dari masyarakat, masuk jadi politisi dan duduk sebagai anggota dewan,”ungkap Mantan Kapten Tim sepak bola Papua Pekan Olahraga Nasional (PON) XIII Jakarta tahun 1993.

Dia optimis bila Yan maju dalam bursa Gubernur Papua, pasti mendapat dukungan signifikan dari masyarakat Papua. “Semua Bilang Begitu, Yan Mandenas Boleh.”tandasnya.

Editor | SONNY RUMAINUM