Tonny Tesar Pimpin Sementara Perolehan Suara DPR-RI Dapil Papua

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Memasuki hari kelima Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 lalu, perhitungan suara di 9 kabupaten kota di Provinsi Papua masih berlangsung di tingkat distrik.

Data sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari ini, Rabu 21 Februari 2024, perhitungan suara sementara untuk DPR-RI Daerah Pemilihan (Dapil) Papua, Calon Anggota Leggislatif (Caleg) atas nama Tonny Tesar,S.Sos dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) memimpin dengan suara terbanyak.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Tony yang adalah mantan Bupati Kepulauan Yapen dua periode dan pernah menjadi DPD asal Papua itu, diyakini bakal kembali ke Senayan-DPR-RI untuk menyuarakan aspirasi rakyat Papua.

Tony Tesar Saat Mencoblos Pada Pemilu 14 Februari 2024. (foto:Ist)

Berdasarkan hasil perhitungan sementara yang dirilis KPU, hingga pukul pukul 17.00 WIT atau jam 5 petang, Tony mendapat dukungan suara 6.422. Dukungan suara terhadap pria asal Yapen Barat itu tidak lepas dari kerja nyatanya membangun daerah dan memajukan masyarakat di Bumi Cenderawasih.

Setelah Tonny, disusul dua Caleg dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) atas nama Ruth Naomi Rumkabu yang berada diurutan kedua dengan perolehan suara sementara sebanyak 4.927, diikuti Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, M.M. sebanyak 4.152.

Sedangkan Caleg Gerindra atas nama Yan Permenas Mandenas berada diurutan keempat dengan perolehan suara 2.949. Diposisi kelima, dengan jumlah suara 2.260 atas nama Drs. Elia Ibrahim Loupatty,M.M Caleg Partai Golongan Karya (Golkar), kemudian Yulce Wenda,S.H dari Partai Demokrat dengan perolehan suara 1.798 dan posisi ketujuh atas nama Lucky Rudini Fonataba, S.T. M.Sc dari Partai Amanat Nasional (PAN) sebanyak 1.636 suara.

Sementara itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua merekomendasikan 34 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar 6 Kabupaten/Kota di Papua untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Pemungutan Suaran Lanjutan (PSL).

Ketua Bawaslu Provinsi Papua, Hardin Halidin menjelaskan 6 Kabupaten,Kota di Provinsi Papua yang direkomendasikan untuk melakukan PSU Yakni Kota Jayapura sebanyak 7 TPS, Kabupaten Keerom 2 TPS, Kepuluan Yapen 4 TPS, Biak Numfor 1 TPS, Sarmi 1 TPS dan Mamberamo Raya 10 TPS. Sedangkan 9 TPS Yang Melakukan PSL Berada Di Kota Jayapura.

Editor | HANS BISAY | SIMSON RUMAINUM