PWI Pusat Rampungkan Penyempurnaan PD-PRT

JAKARTA | PAPUA TIMES-Menjelang Kongres XXV PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) di Bandung, Jabar, 24-27 September 2023 mendatang, tim PWI Pusat menggelar rapat finalisasi dan penyempurnaan Peraturan Dasar Peraturan Rumah Tangga (PD-PRT) PWI, Selasa dan Rabu (1-2/8/2023) di Sekretariat PWI Pusat, lantai 4 Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Rapat finalisasi penyempurnaan PD-PRT, Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Kode Perilaku Wartawan (KPW) ini digelar selama 2 hari, Selasa dan Rabu. Tim perumus dari PWI Pusat dipimpin oleh Zulkifli Gani Ottoh dengan sekretaris Nurcholis MA Basyari. Anggota tim terdiri dari berbagai unsur di kepengurusan PWI.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Zulkifli Gani Ottoh mengatakan bahwa Penyempurnaan PD-PRT, KEJ dan KPW ini dilakukan setelah menampung berbagai saran dan pendapat dari anggota maupun Pengurus PWI Pusat, PWI Provinsi, Dewan Kehormatan (DK) dan Dewan Penasihat (DP).

“Tugas tim memformulasikan berbagai saran untuk penyempurnaan PD-PRT PWI, khususnya yang dinilai sesuai dengan perkembangan organisasi dan keadaan di luar organisasi yang perlu diantisipasi agar PWI dapat semakin bermanfaat bagi bangsa dan negara, kemerdekaan pers, maupun anggotanya,” ujar Zulkifli Gani Ottoh.

Pada hari pertama, Selasa, 01 Agustus 2023, tim resmi yang dibentuk PWI Pusat berhasil menyelesaikan penyempurnaan Peraturan Dasar (PD) dan KEJ.

Untuk penyempurnaan Peraturan Rumah Tangga (PRT) ditargetkan diselesaikan di hari kedua, Rabu (2/8/2023).

Tim menunda penyempurnaan KPW, karena banyak hal yang harus digodok dan disinkronkan, sehingga baru akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

Zulkifli Gani Ottoh menegaskan, formulasi penyempurnaan PD-PRT memang harus diselesaikan sebelum Kongres 2023 dan dilaporkan kepada Pengurus PWI Pusat.

“Hasil kerja tim akan dijadikan sebagai materi bahasan pada kongres, dan draf hasil penyempurnaan/amandemen PD-PRT serta lain-lainnya akan dibahas dan di dilaporkan pada Kongres XXV PWI 2023,” ujar Zulkifli Gani Ottoh, yang juga Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat tersebut.

Pada hari pertama, Selasa (1/8), rapat penyempurnaan PD-PRT berlangsung sejak pagi hingga malam, dihadiri Ketum PWI Pusat yang juga Penanggung Jawab Tim PD-PRT Atal Sembiring Depari dan Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi; Ketua Tim Zulkifli Gani Ottoh, Sekretaris Tim Nurcholis MA Basyari; Sekretaris DK PWI Pusat Sasongko Tedjo; Staf Ahli Ketua Umum Wina Armada Sukardi; Staf Ahli Ketua Umum Agus Sudibyo; Anggota Dewan Penasihat Banjar Chaerudin; Ketua DKP PWI Sulteng Mahmud Matangara; Ketua PWI Kota Bandung Hardiyansyah.

Pembahasan lanjutan mengenai PRT pada hari kedua juga berlangsung sejak pagi hingga malam.

“Keseluruhan draf dari 2 hari rapat finalisasi penyempurnaan PD-PRT dan KEJ ini akan dibawa ke Kongres XXV PWI di Bandung, Jabar,” ujar Nurcholis Basyari, Rabu malam (2/8).

“Apa yang kita rembukkan ini semuanya untuk kepentingan organisasi,” terang sekretaris tim penyempurnaan PD PRT, KEJ dan KPW PWI Pusat itu.

Editor | TIM