KONI Papua Rilis 165 Atlet Lolos PON Aceh-Sumut

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua merilis jumlah atlet Papua yang lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) sebanyak 165 atlet.

Ketua Umum KONI Papua, Dr. Kenius Kogoya mengatakan tiket PON XXI itu diraih para atlet saat mengikuti babak kualifikasi atau Pra PON XXI yang berlangsung sepanjang Juli 2023.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

165 atlet Papua itu, kata Kenius, berasal dari 20 Cabang Olahraga (Cabor) perorangan dan beregu, antara lain Ski Air (empat tiket), Hoki Indoor putra dan putri, Sofbol putra dan putri, Aeromodelling (satu tiket), Angkat Besi (empat tiket), Selam (11 tiket), Menembak (14 atlet), Woodball (dua tiket), Hoki Field Outdoor putra dan putri, Bermotor (tujuh tiket), Tinju (tiga tiket), Cricket (satu tiket).

“Sudah banyak Cabor dan atlet kita yang lolos, mereka masih menjaga stamina mereka dengan cukup baik, walaupun ada juga atlet kita yang gugur. Dari jumlah Cabor yang sudah difasilitasi oleh KONI Papua dan sudah ikut itu kurang lebih hampir 20 Cabor,” kata Kenius didampingi Sekretaris KONI, George Weyasu,SH, Selasa, 01 Agustus 2023, diruang kerjanya.

Kenius mengatakan, masih ada puluhan cabor maupun disiplin olahraga yang akan mewakili Papua di babak kualifikasi yang berlangsung pada Agustus hingga selesai sesuai jadwal yang ditetapkan.

KONI Papua berharap cabor-cabor dan atlet-atlet yang akan tampil di babak kualifikasi bisa melanjutkan pencapaian positif dan merebut tiket ke PON XXI. Hasil yang diraih pada babak kualifikasi ini juga akan memberikan gambaran bagi KONI Papua untuk strategi prestasi pada PON XXI tahun 2024 mendatang.

“Kita masih punya beberapa pertandingan yang akan kita ikuti lagi untuk Pra PON di bulan Agustus dan seterusnya, mudah-mudahan bisa lolos semua. Dengan jumlah 165 atlet yang sudah lolos ini semoga bisa menjadi gambaran karena secara keseluruhan ada 65 cabor yang terdaftar sebagai anggota di KONI,” ujarnya.

Pada bulan Agustus ini, sejumlah cabor ataupun disiplin yang akan bertanding di babak kualifikasi di antaranya ada Rugby, Bisbol, Catur, Terbang Layang, Karate, Muaythai, Sepatu Roda, Kempo, Tenis, dan Tenis Meja.

Editor | HANS BISAY

Komentar