Ruka Sombolinggi Kembali Jabat Sekjen AMAN

SENTANI | PAPUA TIMES- Ruka Sombolinggi kembali terpilih menjadi Sekretaris Jendral Aliansi Masyarakat Adat Nusantara ( Sekjen AMAN) periode 2022-2027 dalam Kongres Masyarakat Adat Nusantara ( KMAN) VI yang di gelar di Stadion Barnabas Youwe Sentani, Sabtu (29/10/2022) malam.

Ruka sapaan akrabnya ini dipilih oleh sembilan kontestan lain yang juga dipercayakan oleh masing-masing kominitas masyarakat adat di seluruh Nusantara. Atas kesepakatan bersama yang sebelumnya, Pimpinan sidang tetap Sadrakh Wamebu mempersilahkan para calon Sekjen AMAN berunding dan bersepakat untuk mengangkat satu dari sembilan orang tersebut.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Setelah tujuh menit berselang, Erasmus Cahyadi salah satu calon Sekjen AMAN mengatakan, setelah berunding dan menyepakati secara bersama dari seluruh calon Sekjen AMAN, kami telah bersepakat untuk memilih kembali saudara Ruka Sombolinggi sebagai Sekjend AMAN periode 2022-2027.

Sementara itu, Ruka Sombolinggi yang ditanya pimpinan sidang atas kesediaannya menjadi Sekjed AMAN periode 2022-20227, Ruka mengaku siap. “Semoga Tuhan yang maha kuasa, para leluhur dan seluruh alam semesta menolong saya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada saya saat ini, saya siap,” ujarnya.

Sebelum pemilihan Sekjen AMAN, proses pemilihan calon Sekjen sudah dilakukan di komunitas-komunitas masyarakat adat di masing-masing daerah pada beberapa waktu lalu. Dan proses pemilihannya dilakukan dalam Kongres Masyarakat Adat Nusantara keenam di Jayapura, Papua pada Sabtu 29 Oktober.

Sepuluh orang yang bertarung dalam pemilihan Calon Sekjen AMAN periode 2022 – 2027 adalah Rukka Sombolinggi, Mina Setra, Eustobio Rero Renggi, Abdi Akbar, Arifin Saleh, Erasmus Cahyadi, Deff Tri, Sardi Razak, Rukmini Toheke, dan Riky Aprizal. Dari sepuluh kandidat Sekjen ini, sembilan calon sepakat memilih kembali Rukka Sombolinggi untuk memimpin AMAN selama lima tahun mendatang.

Berdasarkan asal daerah, kesepuluh kandidat Sekjen AMAN berasal dari: Sulawesi Selatan tiga calon, Nusa Tenggara Tumur dan Bengkulu dua calon, serta Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat dan Sumatera Timur masing-masing satu calon.

Tanah Papua sebagai tuan rumah Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMan) keenam tidak punya kandidat Sekretaris Jenderal AMAN periode 2022 – 2027. Papua hanya memilih dua orang, seorang laki-laki mewakili Provinsi Papua Barat dan seorang perempuan, Dorince Mehue mewakili Pprovinsi Papua duduk di Dewan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Damannas) periode 2022 – 2027.

Rukka Sombolinggi berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan. Ia mempunyai amanat untuk mewujudkan Undang-Undang (UU) tentang Masyarakat Adat. Harapannya agar motivasi bersama masyarakat adat untuk membebaskan segala bentuk penyaderaan terhadap perwujudan UU Masyarakat Adat.

Perempuan kelahiran 1973 itu menyampaikan harapannya bahwa dari Kongres keenam di Kabupaten Jayapura ini mampu melahirkan konklusi yang jelas terhadap pemerintah dan partai politik yang menyandera RUU Masyarakat Adat. “Lalu terhadap seluruh sahabat masyarakat adat dan sikap masyarakat sendiri secara internal.”

Editor | TIM

Komentar