Bupati Launching 20 Kampung Wisata Bahasa Ibu

SENTANI | PAPUA TIMES- Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE.MSi melaunching 20 Kampung Wisata Bahasa Ibu (Bahasa Lokal).

Launching ini dilakukan dalam agenda penutupan event Festival Danau Sentani (FDS) ke 12 yang dirangkaikan bersamaan dengan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN VI) di Kabupaten Jayapura dan HUT Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA) Kabupaten Jayapura Ke-9.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

FDS yang merupakan Event tahunan Pemerintah Kabupaten Jayapura yang selalu di gelar di Pantai Kalkote Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura berlangsung sejak tanggal 24 Oktober 2022 dan telah berakhir pada 29 Oktober 2022.

Bupati Mathius menyatakan sangat mengapresiasi terobosan yang di gagas oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Jayapura bersama lembaga lainnya, sehingga FDS bisa berlangsung dengan sukses dan cukup menarik.

Kampung Wisata Bahasa Ibu, merupakan kampung yang akan ditetapkan dan dikelola sebagai kampung yang melestarikan bahasa ibu, dan kampung ini akan berkonsep pariwisata dengan mengedepankan budaya setempat atau kearifan lokal.

Bagi Bupati, ini merupakan bagian dari kebangkitan masyarakat adat dalam melestarikan budaya mereka dalam hal ini bahasa ibu yang dikonsepkan dengan wisata.

Bupati berharap hal ini harus terus diangkat dan dilestarikan, karena dibalik kita mempertahankan adat dan budaya kita disitu juga ada manfaat ekonomi yang akan kita dapatkan, apalagi dengan konsep wisata.

Selain melaunching Kampung Wisata Bahasa Ibu, Bupati juga melauncing Karisma Event Kenambai dan Logo Pesona Kenambai.

Karisma Event sendiri merupakan rentetan iven tahunan yang akan berlangsung di Kabupaten Jayapura sesuai kalender iven pariwisata Kabupaten Jayapura.

Sedangkan Logo Pesona Kenambai merupakan logo yang akan dipakai dalam iven promosi destinasi wisata dan produk wisata lainnya, khusus Kabupaten Jayapura.

Hal itu, seperti yang dikenal secara nasional ada Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia secara Internasional.

Festival Danau Sentani yang ke 12 kali ini merupakan festival terhakir di kepemimpinan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE.MSi., karena masa jabatannya akan berhakir di bulan Desember 2022.

Ia berharap Festival atau Event seperti ini dalam mengangkat nilai – nalai budaya tersebut dilakukan.

Editor | TIM

Komentar