oleh

Kominfo Pastikan 6,7 Juta STB Dibagi Gratis ke RTM

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Sebanyak 6,7 Juta Set Top Box (STB) Siaran TV Digital tahun ini dibagi ke Rumah Tangga Miskin (RTM) seluruh Indonesia.

Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Geryantika Kurnia mengakui memperoleh banyak masukan terkait pembagian STB gratis untuk RTM.

Misalnya, banyak terdapat ketidaksesuaian antara data penerima bantuan STB gratis dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, sehingga menyulitkan petugas di lapangan.

“Kadang-kadang orangnya (penerima STB gratis) tidak ada atau alamatnya tidak ada,” imbuhnya disela-sela dalam webinar Bimtek Penggunaan Set Top Box Siaran TV Digital Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (30/6/2022).

BACA JUGA  Kriminalisasi Gubernur Enembe, KPK Belum Bayar Denda Rp10 T ke Rakyat Papua

Oleh karenanya, kata Geryantikan, Kominfo telah mengambil Langkah-langkah penanganan dilapangan dengan menggandeng kementerian dan dinas terkait untuk melakukan validasi DTKS.

“Kita kolaborasi untuk validasi DTKS nya,”ungkap Geryantika

Dia menjelaskan bahwa Kementerian Kominfo telah berkolaborasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Daerah, Kepala Dinas Kominfo seluruh Indonesia dan Kepala Dinas Sosial dengan perangkat desanya untuk bersama-sama memvalidasi data DTKS.

Kolaborasi antarinstansi itu diharapkan bisa menghasilkan data yang valid untuk mempercepat penyelesaian masalah distribusi STB yang kurang atau tidak tepat sasaran.

“Ada 6,7 juta (STB) yang akan dibagikan gratis. Kami lagi validasi datanya dan STB itu berasal dari swasta sekitar 4,2 juta nanti sisanya akan dibantu oleh pemerintah,” pungkasnya.

BACA JUGA  Gubernur Enembe Pastikan Kooperatif

Editor | HANS BISAY

Komentar