Tersangka Kasus Korupsi Proyek Gereja Mimika Dipanggil KPK

JAKARTA | PAPUA TIMES Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil satu tersangka kasus dugaan korupsi terkait proyek pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 Tahap 1 tahun anggaran 2015 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, hari ini. Belum diketahui siapa tersangka tersebut.

“Terkait perkara korupsi pembangunan gereja di Mimika, hari ini (7/6) benar, tim penyidik memanggil 1 orang yang telah kami tetapkan sebagai tersangka untuk pemeriksaan melengkapi berkas perkara,” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri seperti dikutip MCWNEWS, Selasa (7/6/2022).

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Ali menginformasikan bahwa tersangka tersebut belum hadir hingga siang ini. KPK mengultimatum yang bersangkutan untuk kooperatif memenuhi panggilan pemeriksaan, hari ini. KPK menunggu kehadiran tersangka tersebut.

“Kehadiran tersangka dibutuhkan pada proses penyidikan ini. Namun informasi yang kami peroleh, hingga siang ini yang bersangkutan belum hadir. Kami masih menunggu sikap koperatif dari tersangka dimaksud,” bebernya.

Ali memastikan bahwa surat panggilan pemeriksaan terhadap tersangka kasus dugaan korupsi terkait proyek pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 tersebut telah dikirimkan secara patut. Surat panggilan tersebut, dipastikan Ali, juga telah diterima oleh yang bersangkutan.

“Perlu kembali kami sampaikan bahwa terkait konstruksi utuh perkara ini dan pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka akan kami sampaikan secara resmi pada waktunya nanti ketika penyidikan cukup bersamaan dengan penahanan para tersangka,” pungkasnya.

Sekadar informasi, KPK sudah lama mengusut kasus dugaan korupsi terkait proyek pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 Tahap 1 tahun anggaran 2015 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. KPK sudah masuk proses penyidikan dalam pengusutan perkara tersebut.

Sejalan dengan proses penyidikan tersebut, KPK sebenarnya sudah menetapkan sejumlah tersangka dalam perkara ini. Berdasarkan informasi yang dihimpun tim MCWNEWS.COM, KPK telah menetapkan tiga orang tersangka dalam proses penyidikan perkara ini.

Ketiga tersangka tersebut yakni, seorang kepala daerah di Papua, seorang pejabat Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan seorang kontraktor. Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri tidak membantah ihwal sudah adanya tersangka dalam perkara ini.

Kendati demikian, Ali masih enggan membeberkan siapa saja tersangka terkait dugaan korupsi pembangunan gereja di Mimika, Papua tersebut. Sebab, kata Ali, itu menjadi kebijakan baru pimpinan KPK saat ini.

“Kami saat ini belum dapat menyampaikan detail pihak-pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka karena sebagaimana telah kami sampaikan bahwa kebijakan Pimpinan KPK terkait ini adalah pengumuman tersangka akan dilakukan saat upaya paksa penangkapan atau penahanan telah dilakukan,” beber Ali.

Editor | TIM| MCWNEWS

Komentar