KONI Puja Siapkan Atlet Panahan dan Marathon Menuju PON XXI Aceh Sumut

MULIA | PAPUA TIMES- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Puncak Jaya (Puja) siap mendukung dan mengirim atlet-atlet terbaiknya bergabung dalam kontingen Papua untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut, 2024 mendatang.

Hal itu dikemukakan Ketua KONI Kabupaten Puncak Jaya, Yuni Wonda usai pelantikan dan pengukuhan Pengurus KONI Puncak Jaya periode 2020 – 2024 oleh Sekretaris Umum Kenius Kogoya, SPM.Si mewakili Ketua KONI Papua Lukas Enembe, S.IP. MH di aula Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya, Rabu (6/04/22).

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Wonda mengatakan atlet-atlet terbaik Puncak Jaya yang disiapkan jelang PON XXI berasal dari dua Cabang Olahraga (Cabor) yakni Cabor Panahan dan Atletik untuk nomor lari Marathon.

Foto Bersama Sekum KONI Bersama Pengurus KONI Puncak Jaya.

“Kami di sini akan menyesuaikan dengan potensi dan kebiasaan kami disini, dari rencana kami, kami akan memprioritaskan 2 atlit cabor seperti lari marathon dan panahan untuk PON yang akan diselenggarakan di Aceh Sumut”ungkap Bupati Puncak Jaya itu.

Menurutnya, KONI Puncak Jaya juga akan melakukan seleksi atlet-atlet terbaiknya pada Agustus mendatang guna mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua yang dijadwalkan akan digelar pada November 2022.

“Untuk event olahraga lokal di provinsi Papua yang akan diselanggarakan bulan November 2022 nanti KONI Puncak Jaya akan menyeleksi atlit-atlitnya pada bulan Agustus nanti. Di Puncak Jaya, tidak semua cabang olahraga akan dipertunjukkan, kita akan sesuaikan dengan kemampuan dana dan situasi tapi komitmen kami dari pengurus kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk kami pertunjukan di PON berikutnya,”ujarnya.

Dia mengatakan dengan pelantikan pengurus KONI Puncak Jaya maka diharapkan menjadi momentum kebangkitan olahraga di daerah itu. Pelantikan ini menjadi tonggak awal untuk segera melakukan persiapan, inventarisasi, penyusunan, dan pembahasan demi menyempurnakan organisasi.

“Pelantikan dan pengukuhan pengurus KONI Puncak Jaya masa bhakti 2020 – 2024, merupakan sejarah baru di daerah ini terukir kembali dengan hadirnya kepengurusan yang baru dan semangat baru, sebagaimana dikemukakan bahwa organisasi KONI merupakan wadah perjuangan, pembinaan dan pengembangan prestasi dibidang olahraga,”katanya.

“Saya berharap dengan pelantikan ini menjadi tonggak awal untuk segera melakukan persiapan, inventarisasi, penyusunan, dan pembahasan demi menyempurnakan organisasi agar nantinya kita bisa memetakan potensi-potensi untuk mencari calon jawara dari Puncak Jaya yang akan berlaga di PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024,”tambah Yuni.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya, SP,M.Si meminta pengurus KONI dan Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya untuk melakukan pembinaan olahraga prestasi secara berkesinambungan sehingga pada PON XXI Aceh Sumut, atlet-atlet asa Puncak Jaya dapat berlaga di iven bergengsi tersebut membela Tanah Papua.

“Kepada pengurus KONI yang baru saja dilantik agar pembinaan prestasi itu bisa dilakukan pada usia dini, supaya kita bawa dalam pertunjukan pada PON Aceh-Sumut,”pintanya.

Kenius mengakui bahwa pembinaan olahraga di Kabupaten Puncak Jaya sudah mulai di jalankan baik itu olahraga prestasi maupun olahraga masyarakat. Oleh karena itu, dia meminta pengurus KONI Puncak Jaya segera melakukan konsolidasi untuk pembinaan Cabor-Cabor unggulan sehingga atlet-atlet setempat bisa mengikuti Porprov yang akan digelar November mendatang.

Editor | LEPIANUS K | HANS AL