oleh

Pernyataan Moeldoko Kejutkan Peserta Festival HAM 2021

SEMARANG | PAPUA TIMES– Ruang pertemuan penyelenggaraan Festival HAM tiba tiba hening. Seratusan peserta tertegun kala mendengar Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko menyampaikan kalimat yang mengejutkan. “HAM bukan untuk ditakuti. Kita tidak boleh takut pada HAM,” kata Moeldoko, Kamis (18/11/2021) di Semarang.

Namun tak lama kemudian Moeldoko melanjutkan, “Karena HAM itu untuk dihormati. Bukan untuk ditakuti.” Penjelasan Moeldoko itu langsung disambut tepuk tangan meriah dari para peserta. Dia kemudian menceritakan pengalamannya selama menjadi Panglima TNI (2013 -2015) saat memimpin ribuan prajurit.

Penghormatan dan pelindungan terhadap HAM selalu diutamakan dalam setiap keputusan yang diambil pemerintah, walaupun ada kebijakan yang terpaksa mengurangi keleluasaan masyarakat menikmati haknya.

Moeldoko mencontohkan aktifitas masyarakat yang dibatasi dalam rangka penanganan pandemi. “Bahkan proses pemakaman pun ada protokolnya.” Namun pembatasan hak tersebut dilakukan demi kebaikan bersama.

Dia menambahkan, HAM merupakan persoalan yang tidak bisa hanya diatasi pemerintah atau lembaga tertentu saja. “Maka kita semua harus turun bersama sama, bukan untuk saling menyalahkan, tapi saling berikan kontribusi,” tegas mantan Panglima TNI.

Editor | HASAN HUSEN | RILIS

Komentar

News Feed