oleh

PON XX: James Lengkang Kolektor Emas Biliar

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, kontingen Papua memiliki segudang atlet potensial untuk mendulang medali emas. Salah satunya ada nama James Lengkang, sang kolektor medali emas di meja biliar.

James Lengkang merupakan pebiliar nasional yang sudah malang melintang di kejuaraan biliar nasional (Kejurnas) dan internasional, khususnya di nomor Carom.

James sudah cukup lama bergabung dengan tim Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Papua, tepatnya sejak tahun 2010 silam.

Torehan prestasinya tidak biasa-biasa saja selama berkostum Papua. Dia sudah menjadi langganan mencapai prestasi tertinggi di iven Kejuaraan Nasional dan di level PON.

“Saya mulai bergabung dengan Pengprov POBSI Papua sejak tahun 2010 di cabor biliar nomor Carom,” kata Minggu (11/7/21).

Jejak rekamnya di iven PON saat memperkuat Papua terbilang moncer. Pada PON XVIII di Riau tahun 2012 silam, James menyumbangkan medali perunggu. Dan prestasi terhebatnya saat tampil di Jawa Barat tahun 2016. Di PON XIX itu, James mempersembahkan dua medali emas sekaligus.

“Saya memperkuat Papua di PON sejak 2012 silam di Riau. Di sana saya dapat medali perunggu. Tapi di PON Jawa Barat tahun 2016 lalu saya meraih dua medali emas untuk Papua,” ungkapnya.

James memang baru mempersembahkan dua medali emas bagi kontingen Papua sepanjang keikutsertaan di PON. Tapi, medali emas sudah menjadi langganannya di iven Kejurnas.

BACA JUGA  Pengurus KONI Kabupaten Jayapura Dilantik

Tercatat, dia merebut satu medali emas dan satu perak pada Kejurnas 2010, satu medali emas di Kejurnas 2011, satu medali perak di Kejurnas 2014, satu medali emas Kejurnas 2015 dan dua medali emas Kejurnas 2017.

PON XX di Papua akan menjadi PON ketiga bagi James Lengkang. Pebiliar andalan Papua itu berambisi untuk mempersembahkan banyak medali emas bagi kontingen Papua di rumah sendiri. Pasalnya, James akan turun di empat nomor Carom sekaligus.

“Itu lebih baik bagi saya untuk mendapatkan medali emas. Target saya akan berusaha sebaik mungkin untuk mencapai hasil optimal,” ujarnya.

Saat ini, James bersama tim biliar Papua masih memusatkan latihan di Pulau Jawa dan sedang dalam masa persiapan akhir sebelum nantinya bertolak ke Kabupaten Mimika, klaster pertandingan cabor biliar.

Sekretaris Umum POBSI Papua yang merangkap sebagai pelatih kepala tim biliar Papua, Agus Fakaubun mengatakan pihaknya masih sangat bertumpu pada keberadaan James Lengkang untuk mendulang medali emas pada PON XX.

“Kita pengurus jelas berharap banyak pada James karena dia adalah peraih dua medali emas di PON XIX Jawa Barat. Jadi kita sangat berharap dia minimal bisa mempertahankan prestasi yang dia dapat sebelumnya. Karena dia adalah andalan di nomor Carom, makanya kita kemarin mengusulkan untuk menambah nomor di Carom, kalau di Jabar kemarin hanya ada tiga divisi Carom, nah di Papua nanti ada empat nomor, sehingga James lebih berpeluang lagi untuk menambah medalinya,” kata Fakaubun.

BACA JUGA  Pengurus KONI Kabupaten Jayapura Dilantik

“Selain James ada juga Junarto, cuma kita belum bisa berharap banyak juga dari Junarto karena sampai hari ini dia masih berusaha kembali ke performa terbaiknya. Tetapi kalau James memang sudah teruji. Jadi kita tetap berharap banyak pada dia, dan kita di tim PON Papua tetap berharap pada James,” pungkasnya.

Editor | TIM

Komentar