Atlet Selam Bidik KSAL Cup untuk Try Out

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Persatuan Olahraga Seluruh Indonesia (POSSI) menjadwalkan atlet-atlet selam Papua berlaga di kejuaraan Selam KSAL Cup di Pondok Dayung, Jakarta, Agustus 2021 mendatang. Keikutsertaan atlet Papua diajang ini sekaligus sebagai try out atau ajang uji coba menjelang Pekan Olahraga Nasional Indonesia (PON) XX Papua, Oktober 2021.

Pelatih Cabang Olahraga (Cabor) Selam Oba, Absentinus Sembiring mengatakan waktu jelang PON tinggal 90 hari lebih lagi. Oleh karena itu, try out dibutuhkan para atlet untuk mengukur kesiapan mereka.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

‘’Try Out kita jadikan sebagai uji tanding sebelum PON XX, nah setelah itu baru dilakukan evaluasi. Mudah-mudahan KSAL Cup di Pondok dayung Jakarta rencananya dilaksanakan di bulan Agustus jadi dilaksanakan. Moment ini akan kita jadikan sebagai uji tanding bagi atlet-atlet Selam Papua,’’harap Sembiring.

Dia mengatakan atlet-atlet Selam PON XX Papua secara rutin kini terus melakukan latihan di pantai dok II Jayapura. Latihan dimulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WP.

Sebanyak 20 atlet putra-putri Papua kini secara rutin melakukan latihan di Jakarta, Bogor dan di Jayapura. Untuk Kota Jayapura 9 atlet putra-putri latihan di pantai dok II Jayapura. Sedangkan sisanya di Jakarta 5 orang dan Bogor 6 orang.

Dikatakan Absentinus ada 4 program latihan yang dijalankan oleh para atlet, antara lain program umum, khusus, pra kompetisi dan kompetisi. Sekarang ini atlet telah memasuki program khusus. Program ini antara lain tehnik, mental, searching (mencari rambu) dan penguasaan kedalaman.

Lanjutnya, seorang atlet Selam dituntut harus bisa baca arus laut. Sebab kata dia, arus laut setiap jam selalu berubah. Misalnya, kalau sekarang pukul 10.00, kemudian nanti pukul 11.00 WP arus airnya berubah. Jadi arus air setiap jam selalu berubah. Oleh karena itu, semakin.banyak atlet turun ke laut, maka si atlet akan tau arus air kemana,” kata Absentinus Sembiring.

Dikatakannya, saat ini sudah memasuki awal bulan Juli. Gak terasa waktu kini sisa 100 hari lagi. Untuk itu, pihaknya kini terus melakukan latihan lebih intensif lagi. Namun demikian pihaknya juga butuh Try out. Try Out ini menurut Absentius yang didampingi Very Dwi Irjayanto atlet di kelas Oba 5 Poin sangat penting untuk mengukur sudah sampai sejauh mana penerapan yang didapatkan atlet selama latihan.

‘’Try Out kita jadikan sebagai uji tanding sebelum PON XX, nah setelah itu baru dilakukan evaluasi. ’Mudah-mudahan Kasal Cup di Pondok dayung Jakarta rencananya dilaksanakan di bulan Agustus jadi dilaksanakan. Moment ini akan kita jadikan sebagai uji tanding bagi atlet-atlet Selam Papua,’’ tukasnya.

Editor | ROBIN S| HANS B

Komentar