Kenius Kogoya Raih Best Figure Excellence Award 2021

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua, Kenius Kogoya,SP,M.Si kembali mendapatkan penghargaan dari media atas integritasi dan kemampuannya membawa perubahan dan mampu menyikapi tantangan global.

Setelah mendapatkan penghargaan dari SIWO PWI Golden Award, Kenius Kogoya meraih 7 Sky Media Awards dengan kategori The Best Figure Excellent se- Indonesia tahun 2021 pada acara Top 100 Pemimpin Pembawa Perubahan di Indonesia yang dihelat di Ballroom Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta.

Penilaian tersebut berdasarkan hasil observasi 7 Sky Media dan Majalah IM Indonesia dengan responden kepuasan publik terhadap kapasitas, track record, integritas, dan responsif sang pemimpin. Penilaian juga mencakup, respons para pemimpin tersebut pada perubahan, inovatif, visioner dalam bekerja.

Panitia penyelenggara dari 7 Sky Media menyebutkan, dari hasil observasi terhadap sejumlah tokoh yang tersebar di berbagai daerah dari berbagai profesi dengan penilaian objektif dan terukur, Kenius Kogoya, S.P., M.Si dinilai memiliki kepemimpinannya yang konsisten dan mampu mendorong perubahan serta mampu menyikapi tantangan global untuk memajukan lembaga dan daerahnya.

Kenius menyatakan bangga bisa menjadi salah seorang penerima 7 Sky Media Awards 2021. Apa yang dia raih tak lepas dari bimbingan dan arahan serta didikan dari Gubernur Papua yang juga merupakan Ketua Umum KONI Papua, Lukas Enembe, SIP, MH

“Penghargaan ini saya dedikasikan untuk masyarakat Papua. Saya ingin membuktikan bahwa putera Papua ataupun Pemimpin Muda Papua mampu berprestasi di tingkat nasional. Semoga dengan adanya Award yang saya terima ini dapat melecut semangat dan motivasi pemuda Papua lainnya untuk berprestasi,”ujar pria yang akrab dipanggil bung Keni itu.

“Award ini bisa berada di tangan saya, yang saya terima tidak lepas dari bimbingan dan Pemimpin Besar Papua, Bapak Lukas Enembe, S.IP., M.H sehingga saya dalam menjalankan tugas sebagai pembantu beliau di KONI Papua, saya bisa bekerja dengan baik, sesuai dengan apa yang beliau arahkan. Kecocokan dalam kerjasama dan koordinasi serta komunkasi yang baik selalu saya kedepankan didalam menjalankan semua tugas yang diberikan oleh bapak Lukas Enembe kepada saya,” tambah Kenius.

Dia juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh jajarang pengurus KONI Papua yang telah membantunya bekerja sama dengan baik dan secara profesional selama ini. Sehingga Kinerja KONI Papua dibawah kepemimpinan bapak Lukas Enembe telah berhasil meraih sebanyak 3 Penghargaan dan Award.

Apresiasi kepada Sekretaris KONI Papua iktu juga datang Ketua Barisan Merah Putih ( BMP ) Papua, Max Abner Ohee, S.IP.

Menurut Max Ohee, bung Keni memang layak mendapatkan award tersebut adalah karena dia adalah seorang pemimpin muda Papua dengan kinerja yang cemerlang dan visioner tapi mempunyai sikap yang kasih dan rendah hati serta humanis.

Menurut Max Ohee, Kenius Kogoya adalah tipe pemimpin yang diterima masyarakat dari berbagai suku di 5 wilayah adat Papua serta juga diterima masyarakat nusantara yang ada di Papua.

”Bung Kenius Kogoya itu tipe pemimpin yang pekerja keras dan pekerja cerdas. Beliau bisa menterjemahkan dengan baik setiap arahan yang diberikan oleh bapak Lukas Enembe sebagai Ketua Umum KONI Papua. Yang saya amati, bapak Lukas Enembe sangat puas akan Kinerja dari Kenius Kogoya sebagai Sekretaris Umum KONI Papua. Buktinya dalam hal persiapan Pelaksanaan iven PON XX Papua 2021, semua bisa diselesaikan Sekum KONI dengan Sangat Baik, ”kata Max.

Max Abner Ohee berpendapat, kapasitas dan kapabilitas Kenius Kogoya sangat baik untuk bisa menggantikan alamarhum bapak Klemen Tinal sebagai Wakil Gubernur Papua. Karena, kedepannya Papua memang membutuhkan seorang pemimpin modern yang tetap memegang kearifan lokal Papua dan mempunyai semangat tinggi untuk membangun Papua dan mensejahterahkan masyarakatnya.

“Bapak Lukas Enembe pastinya ingin mempunyai seorang wakil Gubernur yang masih muda dan bisa sangat cocok bekerjasama serta bisa menterjemahkan dan mengimplementasikan setiap arahan Gubernur Papua,”ujarnya.

Jabatan Kenius Kogoya sebagai Ketua DPD Partai HANURA Provinsi Papua, yang selama ini selalu setia kepada pasangan Lukas Klemen (Lukmen) dalam koalisi LUKMEN Jilid 2 merupakan modal yang beharga bagi Kenius untuk bisa menjabat sebagai Wakil Gubernur Papua. Sebagai tokoh Adat Papua dari wilayah adat Mamta, Max sangat merindukan nantinya akan lahir pasangan “LUKENI” sebagai pengganti “LUKMEN”.

Akar rumput masyarakat Papua yang mengginkan Kenius Kogoya untuk bisa menjadi Wakil Gubernur Papua bukan hanya dari kalangan masyarakat wilayah adat Mamta saja, tetapi masyarakat Wilayah Adat Saireri, Meepago, Lapago, Animha serta Masyarakat Non OAP menginginkan hal yang sama.

Dari Point itulah, Max Abner Ohee menilai, bahwa Kenius Kogoya benar- benar sebagai BIG KK atau KK BESAR, yaitu istilah yang diberikan kepada seorang Pemimpin yang mempunyai basis akar rumput masyarakat dari semua kalangan di Propinsi Papua.

Editor | LEPIANUS K | HAN S B

Komentar