oleh

Pertama Kali Uncen Gelar Wisuda Secara Online

JAYAPURA (PTIMES)- Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura untuk pertam kalinya menggelar wisuda periode I tahun 2020 secara daring atau online, Kamis (28/5/2020). Wisuda virtual ini diikuti 706 mahasiswa melalui youtube.

Rektor Uncen, Dr.Ir.Apolo Safanpo,S.T.,M.T mengatakan wisuda kali dilaksanakan berbeda dengan wisuda sebelumnya. Dengan memperhatikan protokol kesehatan maka wisuda Uncen periode I tahun 2020 dilakukan secara daring demi tujuan bersama yakni mencegah dan memutus mata rantai Covid 19.

“Dengan berat hati kami sebagi pimpinan Uncen harus mengambil keputusan ini atas dasar pertimbangan meluasnya wabah penyakit virus Corona (Covid19). Kami sangat memahami menyadari penting proses wisuda baik bagi segenap wisudawan, para orang ataupun keluarga. Tanpa mengurangi keabsahan dan kehidmatan wisuda, tata cara perhelatan wisuda Uncen periode I harus dilaksana secara online menggunakan Youtube dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,”ungkapnya.

Lebih lanjut Rektor mengatakan hal penting yang harus diingat wisudawan bahwa kesuksesn yang bermakna adalah kesukseskan yang membawa kebaikan bagi orang lain. Karena saat ini banyak yang telah berhasil dan sukses namun kurang berdampak bagi kebaikan bahkan ada yang sebagian melakukan kesukseskan dengan memperdaya orang lain.

Oleh karena itu, Apolo Safanpo mengajak wisudawan untuk segera melepas toga beserta atributnya dan hadir langsung di tengah-tengah masyarakat terdampak untuk melakukan mitigasi melawan pandemi Covid-19.

“Kita tidak boleh menutup mata untuk menaruh perhatian kepada tetangga dan lingkungan sekitar yang mengalami berbagai kesulitan di saat kondisi krisis saat ini,”pinta Rektor.

Dia mengatakan hikmat yng bisa dipetik dari kejadian ini adalah pertama kesehatan dan kebersihan merupakan hal yang sangat berharga. Kedua beribdah untuk intropeksi diri serta mempunyai banyak waktu berkumpul dengan keluarga dan ketiga dunia pendikan menjadi lebih akrab dengan teknologi digital untuk mendukung pembelajaran dan kegiatan non akademis lainnya.

“Semoga wisuda daring secara online menggunakan youtbe kali ini menjadikan wisudawan memiliki pribadi yang merdeka belajar dan merdeka berkarya. Kita berharap pandemi Covid 19 cepat berakhir dan Tuhan selalu mengaruniakan kesehatan, kekuatan, ketabahan dan ketabahan kepada kita semua,”tandas Rektor Uncen.

Editor: HANS BISAY

Komentar

News Feed