oleh

Mantan Sekda Papua Diwisuda Dengan Predikat Cumlaude

JAYAPURA (PTIMES)- Sebanyak 706 mahasiswa Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Kamis pagi (28/5/2020) mengikuti wisuda periode I tahun 2020 secara daring atau online melalui youtube.

Untuk Pertama Kalinya dalam Sejarah, Uncen Jayapura Menggelar Wisuda secara Online Sejak Berdiri 10 November 1962.

Rektor Uncen, Dr.Ir.Apolo Safanpo,S.T.,M.T mengatakan dari 706 lulusan tersebut, 3 orang memperoleh predikat Cumlaude dengan Indeks Prestasi Komulatif IPK tertinggi atas nama Titus Emanuel Adopehan Hery Dosianen, lulusan Program Doktor Ilmu Sosial Pascasarjana IPK 3,84. Hery Dosinaen merupakan pejabat di Provinsi Papua yang sebelumnya menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Papua.

Kemudian Lisa Natalia BR Sembiring, lulusan Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat IPK, 3,98 dan Martha Desriyanti SIregar Strata Satu (S1) pada Program Studi Biologi Fakultas Matermatika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan IPK,3,92.

Dikemukakan Rektor, pada wisuda daring ini diikuti wisudawan dari 9 fakultas dan program Pascasarjana. Antara lain Program Pascasarjana sebanyak 48 lulusan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 209 lulusan, Fakultas Hukum 52 lulusan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 138 lulusan.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis 46 lulusan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 54 lulusan Fakultas Teknik 62 lulusan, Fakultas Kesehatan masyarakat 60 lulusan dan Fakultas Kedokteran 37 lulusan.

“Kepada bapak ibu wali dan wisudawan, kami rektor dan civitas akademika turut berbahagia atas keberhasilan anak didik kita yang telah menyelesaikan seluruh proses pembelajaran sehingga mahasiswa yang lulus layak untuk memperoleh predikat sarjana yang diwisuda hari ini,”ungkap Apolo disela-sela acaa wisuda.

Dikemukakan Rektor, untuk membangun rumah Indonesia yang besar khususnya di Papua maka peran alumni Uncen sangat besar. Oleh karenanya, lulusan Uncen diharapkan harus berjiwa dan berkemampuan entrepreneur. Menjadi generasi pencipta lapangan kerja dan bukan pencari kerja. Tangguh, kreatif, inovatif dan memiliki kemampuan beradaptasi.

“Para wisudawan yang kami banggakan untuk membangun rumah Indonesia yang besar khususnya Papua, itu semua karena adanya peran alumni Uncen. Ingat ketika anda terjun ke masyarakat dan dunia kerja, anda akan dihadapkan pada ilmu tahu dan ilmu bisa. Ingat pula bahwa kunci sukses itu bukan karena anda kuliah di kampus besar atau favroirt. Bukan semata karena anda lulusan terbaik – cumlaude, tapi anda juga memiliki life skill, kejujuran, kepercayaan (trust) dan karakter yang kuat. Kata pepatah jika kita tidak punya uang kita kehilangan sesuatu, jika kita tidak memiliki karakter kita kehilangan segalanya.”

Dikemukakan Rektor, sejak Uncen berdiri tanggal 10 november 1962 dan saat ini Uncen telah meluluskan total lulusan 74092 alumni dengan jumlah program studi sebanyak 68 dan memperoleh akreditasi B berjumlah 51 program studi berdasarkan data BAN-PT 2020.

Secara khusus, Rektor Apolo Safanpo menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Gubernur Papua, yang selalu memberikan perhatian dan dukungan kepada Uncen. Terima kasi juga disampaikan kepada anggota Forkompinda, hamba Tuhan.

“Kami atas nama Uncen menyampaikan terima kasih kepada bapak ibu wali wisudawan dan penyedia beasiswa dan dan juga terima kasih kepada bapak ibu yang telah menitipkan putra -putrinya menuntut ilmu di kampus kami,”ujarnya.

Editor: HANS BISAY

Komentar

News Feed