oleh

Tolikara: Dinas Pendidikan Siap Gelar UN

KARUBAGA (PTIMES)- Jelang Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2020, Dinas Pendidikan Kabupaten Tolikara Provinsi Papua menggelar Sosialisasi UN 2020 kepada 99 Kepala Sekolah (Kepsek). Terdiri dari 73 Kepsek Sekolah Dasar (SD), 20 Kepsek Sekolah Menengah Pertama (SMP), 5 orang Kepsek Sekolah menengah Atas (SMA) serta 1 orang Kepsek Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 orang.

Kepala Dinas Pendidikan Tolikara, Michael Ury, S.IP menegaskan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disana siap dilaksanakan. Dia mengapresiasi para guru di Tolikara yang disiplin dan bekerja keras mendidik generasi penerus bangsa walau menghadapi berbagai tantangan.

“Tingkat kesulitan daerah Tolikara yang sangat berat, kondisi daerah dengan medan yang sulit. Namun demikian pembangunan pendidikan harus menjadi utama karena merupakan tolak ukur kemajuan daerah,apabila pendidikan maju maka dengan sendirinya daerah pasti maju,” ujarnya.

Menurut Michael, guru sebagai ujung tombak dalam pendidikan menentukan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) dan sekaligus penentu kemajuan pembangunan dimasa mendapat. Generasi penerus yang dididik hari ini akan menentukan arah pembangunan selanjutnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia UN tingkat Kabupaten Tolikara, Remain Gurik, S.Pd menegaskan bahwa fasilitas pendukung seperti komputer, jaringan internet dan suplai energi listrik di Tolikara telah disiapkan untuk menopang UNBK di Kabupaten Tolikara.

“UNBK sudah siap di selenggarakan karena fasilitas pendukung terutama komputer dan energi listrik telah siap, semoga semua bisa terlaksana sukses,”ungkapnya.

Gurik menambahkan jumlah peserta UN tahun 2020 di Tolikara terdiri dari SD sebanyak 2.821 siswa/i, SMP sebanyak 975 siswa/i,dan SMA sebanyak 276 siswa/i sedangkan SMK 19 siswa/i total peserta UN 4091 siswa/i. “Saya menghimbau kepada warga Tolikara terutama orang tua siswa memdukung persiapan UN ini sehingga semua proses berjalan sukses,”pintanya menambakan materi sosialisasi meliputi Materi sosialisasi tentang UN dan pentingnya penggunaan NIK siswa.

Editor: LEPIANUS K/DISKOMINFO

Komentar