URI Gandeng Uncen dan Poltekkes Bangun SDM Papua

JAYAPURA (PTIMES)- Universitas Rhode Island (URI) Amerika Serikat bekerjasama dengan Universitas Cenderawasih dan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Jayapura menyiapkan Sumber Dana Manusia (SDM) bidang kelautan perikanan dan kesehatan di Tanah Papua.

Direktur Poltekkes Menerima Direktur Kemitraan Pendidikan URI dan Kepala BPSDM di Rektorat Poltekkes Padangbulan Abepura dalam Rangka Kerjasama SDM Bidang Kesehatan.

Kerjasama antara ketiga lembaga pendidikan itu ditindaklanjuti dalam pertemuan yang digelar Senin siang (9/3/2020) di Jayapura. Pertemuan antara URI dan Uncen berlangsung di gedung rektorat Uncen, Waena, Jayapura dihadiri Direktur Kemitraan Pendidikan URI untuk Asia , Brook W Ross, Christina Dewi Perwakilan URI Indonesia, Rektor Uncen, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT, Pembantu Rektor Uncen Fredrik Sokoy, S.Sos, M.Sos , Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Papua, Aryoko AF Rumaropen,SP.M.Eng dan sejumlah Dekan Uncen.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Direktur Kemitraan Pendidikan URI untuk Asia , Brook W Ross mengatakan pertemuan dengan stakeholder di Papua membahas peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui sektor pendidikan.“Pembahasan antara kami dari URI dengan Pemerintah Provinsi Papua, Uncen dan Poltekkes tentang bagaimana kami dapat membantu meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Provinsi Papua melalui sektor Pendidikan,”jelas Brook.

Menurutnya, kerjasama SDM bidang pendidikan merujuk kepada beberapa topik utama yakni pembahasan strategi peningkatan SDM Papua,evaluasi kemampuan siswa dengan menyesuaikan kebutuhan SDM yang akan di perlukan Papua di masa mendatang, keperluan pelatihan bagi para pegawai baik jangka pendek maupun jangka panjang dalam bidang yang dibutuhkan. “Dan menidaklanjuti rencana pembangunan Papua sesuai arahan Gubernur dan Bappenas,”ujar Brook.

Sementara itu, Kepala BPSDM Papua, Aryoko AF Rumaropen,SP.M.Eng mengatakan pertemuan antara perwakilan URI, Uncen dan Poltekkes Jayapura mengkongkritkan kerjasama antara ketiga lembaga pendidikan itu untuk peningkatan SDM dibidang perikanan kelautan dan kesehatan.

“Kerjasama pendidikan URI dan Uncen lebih pada peningkatan SDM bidang perikanan dan kelautan sedangkan URI dan Poltekkes untuk peningkatan SDM bidang kesehatan khususnya jurusan atau program studi keperawatan dan farmasi,”jelas Aryoko.

Mantan Kepala Biro Otonomi Khusus (Otsus) Papua itu menambahkan bahwa kerjasama ketiga universitas ini mendapat perhatian serius Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP.MH. Orang nomor satu di Papua itu telah menginstruksikan jajarannya untuk mensuport pembiayaan bagi tenaga-tenaga didik Uncen dan Poltekkes yang akan melanjutkan studi ke luar negeri khususnya di Universitas Rhode Island.

“Gubernur Papua memberikan perhatian serius untuk pengembangan SDM Papua. Beliau telah menginstruksikan kepada kami untuk mendukung tenaga-tenga didik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 maupun S3 ke universitas Rhode Island,”ungkap Aryoko.

Editor: HANS BISAY

Komentar