oleh

Mau PON dan POPNAS, Periodesasi 6 Pengprov Berakhir

JAYAPURA (PTIMES)- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua mewarning enam Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga (Cabor) untuk segera menggelar Musyawarah Daerah (Musda) mengingat periodesasi kepengurusannya sudah berakhir.
6 Pengprov tersebut antara lain Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI), Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI), Keluarga Olahraga Tarung Derajat (KODRAT), Paralayang, Persatuan Angkat Besi, Binaraga, dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABBSI) dan Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI).
Hal tersebut dikemukakan Ketua Umum KONI Papua melalui Ketua Bidang Organisasi KONI Papua, Dantje Nere,S.Sos, Jumat (24/5/2019) usai menggelar rapat dengan pengurus Cabor di ruang rapat KONI Papua, Kompleks GOR Cenderawasih APO Jayapura.
Dantje Nere dalam keterangannya menjelaskan bahwa dari 6 Pengprov tersebut, 4 Pengprov diantaranya sudah selesai masa bhaktinya yakni Pengprov PERCASI, PERBASI, PABBSI dan Paralayang. Sedangkan 2 Pengprov yakni PGSI dan KODRAT akan berakhir dalam waktu dekat.
“Lewat rapat ini kita ingin mengetahui sudah sejauh mana persiapan pelaksanaan Musda masing-masing Pengprov. Lewat rapat ini, KONI ingin mengetahui apa kendala sehingga sampai Musda tidak bisa terlaksana sampai sekarang. Apalagi ada iven POPNAS bulan Oktober mendatang,”ungkap Dantje.
Lebih lanjut Dantje mengatakan bahwa KONI berkepentingan untuk mendorong Pengprov menyelenggarakan Musda karena legalitas kepengurusan dalam menyiapkan atlet jelang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) yang akan dihelat bulan Oktober mendatang di Papua dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang.
Pada kesempatan tersebut, Dantje Nere menyoroti 4 Pengprov yang tidak hadir dalam rapat tersebut. Menurutnya, ketidakhadiran pengurus dalam rapat yang digelar KONI Papua itu menunjukan ketidakseriusan Pengprov membenahi organisasi maupun dalam membina atlet.
“Bagaimana kita mau sukses, jika kepengurusan saja tidak terbentuk. Bahkan ada kepengurusan yang sudah mati. Kita akan kirim surat lagi ke masing-masing pengprov periode kepengurusannya telah berakhir. Hingga batas akhir, maka KONI bisa take over, tegasnya.
Mewakili Ketua Umum, Dantje mengingatkan seluruh Pengprov yang masa kepengurusannya sudah dan akan berakhir untuk berkoordinasi dengan Pengurus Besar (PB) Pusat untuk segera menggelar Musda.“Saya minta juga masing-masing pengprov selalu komunikasi baik dengan ketua pengprov dan ketua PB masing-masing di pusat,”harapnya.

Editor: JAVARIS R SINAMBELA

Komentar

News Feed