oleh

Gubernur Kirim Nama Anggota MRP ke Mendagri

JAYAPURA- Majelis Rakyat Papua (MRP) dalam waktu dekat akan segera dilantik. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua telah mengirim rekomendasi nama-nama anggota MRP Majelis jilid III ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI untuk segera diproses Surat Keputusan (SK) Pelantikannya.
Gubernur Papua, Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP,MH mengaku telah menerbitkan rekomendasi anggota MRP untuk segera dikirim ke Kemendagri. “Saya sudah bikin rekomendasi dan kirim ke Mendagri untuk proses pelantikannya,”katanya.
Lukas Enembe berharap proses pelantikan anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) dapat segera dirampungkan dalam waktu dekat, agar tak menghambat pelaksanaan Pilgub 2018 yang tahapan dimulai beberapa bulan lagi.
“Harus segera ada pelantikan Anggota MRP supaya tahapan Pilgub 2018 bisa berjalan. Sebab salah satu persyaratan untuk menjaring bakal calon Gubernur Papua kan melalui MRP,” kata Gubernur di Jayapura.
Gubernur mengatakan proses seleksi dan tahapan perekrutan anggota MRP mengalami keterlambatan beberapa sebab. Diantaranya pembahasan Perdasus Nomor 14 2016 tentang tata cara rekruitmen dan pengangkatan anggota MRP periode 2016-2021 dan tarik ulur calon anggota MRP dari jalur adat.
Dikemukakan Enembe, kehadiran MRP sangat penting di Papua, apalagi dalam Pilgub nanti, MRP memiliki kewenangan untuk memberikan pertimbangan keaslian orang asli Papua sesuai dengan UU No 21 tahun 2001 tentang Otonomi Khusus (Otsus).

Editor: LEPIANUS KOGOYA

Komentar

News Feed