Pemprov Papua Pegunungan Branding Destinasi Wisata

WAMENA | PAPUA TIMES- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Pegunungan secara resmi menunjuk Cinta Laura Kiehl sebagai brand ambassador. Penyanyi sekaligus aktris Indonesia itu diharapkan dapat mempromosikan destinasi wisata dan budaya Papua Pegunungan.

Penjabat Gubernur Papua Pegunungan, Dr. Velix Vernando Wanggai, S.IP., M.PA mengatakan kerjasama antara Pemprov Papua Pegunungan dengan aktris Cinta Laura bertujuan untuk membranding berbagai destinasi pariwisata yang berada di Provinsi Papua Pegunungan sekaligus promosi budaya masyarakat yang unik dan khas.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Cinta Laura menjadi salah satu Duta Pariwisata Papua Pegunungan dan kami harapkan dia menjadi inspirasi sekaligus membranding berbagai destinati pariwisata dan budaya di Provinsi Papua Pegunungan,”ungkap Wanggai di Wamena.

Lebih lanjut Gubernur Velix Wanggai mengatakan sejak akhir pekan lalu tepatnya Sabtu 8 Maret 2024, Cinta Laura berkunjung ke Wamena dalam rangka promosi budaya. Diharapkan dengan gencarnya promosi pariwisata secara luas dengan melibatkan berbagai pihak dapat menarik wisatawan domestic maupun manca negara untuk berkunjung ke Papua Pegunungan.

“Sekaligus membangun branding dan citra positif bagi dunia pariwisata di Papua Pegunungan. Dengan hadirnya berbagai wisatawan ke berbagai destinasi wisata dapat menumbuhkan ekonomi dan meningkatkan pendapatan (PAD),”jelas Gubernur.

Wanggai menambahkan untuk meramaikan pembangunan dunia pariwisata di Papua Pegunungan, maka pemerintah bakal menggelar berbagai iven pariwisata seperti festival budaya dan membangun infrastruktur pendukung di berbagai destinasi wisata yang ada di Papua Pegunungan.
Salah satu festival di Papua Pegunungan yang telah digelar dan mendapat perhatian berbagai wisatawan adalah Fesival Budaya Lembah Baliem yang merupakan destinasi wisata setiap bulan Agustus.

Festival tersebut diselenggarakan untuk memperkenalkan atau mempromosikan Papua terkhusus wilayah kabupaten Jayawijaya dengan cara memperkenalkan budaya tempat itu seperti bahasa,cerita rakyat (asal usul), tarian-tarian daerah dari masing-masing suku, kerajinan tangan yang berasal dari suku tersebut seperti; noken, ukiran kayu, koteka, tombak, dan sali-sali (rumbai-rumbai yang dari kulit kayu).

Selain festival, sejumlah destinasi wisata yang remain dikunjungi adalah Danau Habema yang berada di ketinggian 3.225 MDPL. Kemudian destinasi mumi di Distrik Kurulu, serta Pasir Putih Aikima, dan Telaga Biru Wamena.

Editor | LEPIANUS KOGOYA