Lomba Pondok Natal Hanura Diikuti Umat Muslim, Kenius Kogoya: Toleransinya Luar Biasa

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Provinsi Papua, Dr. Kenius Kogoya mengapresiasi umat nasrani dan muslim di Kota, Kabupaten Jayapura dan Keerom yang antusias dan partisipatif mengikuti lomba pondok Natal Hanura 2023.

Menurutnya, keterlibatan umat beragama dalam lomba Pondok Natal di gelar Partai Hanura, menunjukan toleransi yang tinggi di Papua. Kerukunan antar umat beragama tersebut perlu dijaga melalui berbagai kegiatan yang humanis sehingga toleransi di bumi cenderawasih terus terjalin.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Peserta lomba pondok Natal bukan hanya dari umat Nasrani tetapi juga dari saudara-saudara muslim. Ini bentuk toleransi yang luar biasa. Saudara-saudara kaum muslim juga ingin untuk memeriahkan Natal. Itu dibutkitkan dengan bagaimana mereka mengikuti lomba hias Pondok Natal yang digelar partai Hanura ini. Dan itu kami sangat kami apresiasi. Ini bentuk toleransi yang perlu kita jaga dan kawal kerukunan antar umat beragama, saling menghargai dan kedamaian itu harus dibangun bersama di Tanah ini,”ungkap calon anggota DPR-RI daerah pemilihan Papua itu.

Rabu malam, Partai Hanura menggelar Lomba Yosim Pancar (Yospan), Lomba Vokal Group sekaligus penyerahan hadiah kepada peserta Lomba Hias Pondok Natal. Menarik, karena pondok Natal muslim asal Kabupaten Keerom keluar sebagai juara kedua.

“Menarik ya, karena saudara kita dari muslim juga ikut lomba Pondok Natal. Makanya Partai Hanura terus menggelar lomba ini dan sudah yang ketiga kalinya diikuti peserta dari Jayapura, Sentani hingga Keerom,”ungkap Kenius kepada pers, Rabu malam, usai menyerahkan hadian kepada para pemenang di GOR Uncen Abepura.

Sementara itu Festival Christmas Hanura yang digelar GOR Uncen dipadati 4 warga yang datang menyaksikan lomba Yosim Pancar (Yospan), Lomba Vokal Group. Pada festival tersebut selain pemenang mendapatkan piala juga mendapatkan dana pembinaan dari Ketua DPD Hanura, Kenius Kogoya.

Kenius Kogoya yang didampingi Ketua Panitia Festival Otniel Deda menyampaikan lomba dalam rangka Festival Christmas Hanura ini sudah menjadi agenda rutin digelar dalam rangka memperingati HUT Partai Hanura yang jatuh 21 Desember, sekaligus menyongsong Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Karena berdekatan dengan Natal, maka kami gelar lomba lomba bernuansa religius. Lomba hias pondok Natal ini sudah 3 kali berturut turut kita gelar dan lomba yospan dan vokal group. Tahun lalu kita lakukan lomba paduan suara merry christmas, namun tahun ini kita gelar lomba vokal group. Dan antusias peserta luar biasa banyak,” katanya.


Kenius bilang tujuan kegiatan Festival Christmas Hanura ini, sebenarnya untuk memuliakan Tuhan, sebab peringatan HUT Partai Hanura berdekatan dengan hari raya Natal, sehingga digelar lomba hias pondok natal untuk menyemarakkan suasana Natal di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Keerom.

“Selain itu, dari segi musik, bagaimana mereka bisa menghadirkan suara suara merdu mereka, untuk memuji dan memuliakan Tuhan. Lagu lagu pujian yang mereka bawakan itu pujian nuansa merry christmas itu luar biasa sekali. Dan disitulah Tuhan mau bagaimana kita tetap memuliakan Tuhan dengan pujian pujian yang begitu indah,” jelasnya.

Untuk itulah, ujar Kenius Kogoya, Partai Hanura hadir di tengah masyarakat secara nyata sesuai slogan Partai Hanura yakni Hadir Ditengah Tengah Masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengikuti dan dapat manfaat dengan kegiatan kegiatan seperti ini.

Kenius Kogoya yang juga Caleg Nomor 1 DPR RI dari Daerah Pemilihan Papua dari Partai Hanura ini, mengungkapkan jika kegiatan ini, disponsori langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Hanura, Osman Sapta.

Ia berharap pemerintah daerah mengambil inisiatif melaksanakan kegiatan seperti ini setiap tahun, sebab masyarakat terlihat sangat mengharapkan adanya kegiatan kegiatan seperti ini.

“Kalau bisa kita masukkan dalam kegiatan yang berbentuk kearifan lokal, karena lomba hias pondok Natal, vocal group dan yosim pancar mendapat perhatian dan antusias masyarakat kita,”ujarnya.

Ketua Panitia Festival Christmas Hanura, Otniel Deda mengapresiasi Ketua Umum DPP Partai Hanura, Osman Sapta dan Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Papua, Dr Kenius Kogoya, SIP, MH yang komitmen dan perhatian serius mendukung berbagai kegiatan seni dan lomba setiap perayaan Natal.

“Tahun ini pesertanya banyak sekali dan sangat antusias. Bahkan, masyarakat yang hadir menyaksikan lomba ini di GOR, saya lihat hampir 4 ribu sampai 5 ribu orang. Hampir tempat ini tak bisa menampung. Ini menandakan bahwa masyarakat lomba di Papua menyambut antusias kegiatan yang digelar Partai Hanura,” ujarnya.

Festival Chrismmas Hanura, lomba vocal group keluar sebagai juara antara lain lain
Juara I Vocal Group Vox Angelus
Juara II Vokal Group Da’voice
Juara III Vokal Group Ezra Voice
Juara Harapan I Vokal Group Kekal Voice
Juara Harapan II Vokal Group Imanuel Voice
Juara Harapan III, Vokal Group Hen Wani Wahno dan Getsemani Sisters
Juara Favorit Vocal Group Samaria

Sedangkan lomba Yosim Pancar dijuara Sanggar Fans Palara, juara dua Sanggar Iriani,
juara 3 Sanggar Oyandi, juara harapan 1 Sanggar Remkes , juara harapan 2 Sanggar Anafri, Juara Harapan 3 Sanggar Rembobar dan juara favorit Sanggar Persada Junior.

Editor | HANS BISAY | SONNY RUMAINUM