Kapolri Beri PIN Emas untuk Satgas Operasi Damai Cartenz

TIMIKA | PAPUA TIMES- Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo Msi memberikan penghargaan istimewa berupa Pin Emas kepada para Prajurit TNI dan Anggota Polri Satgas Operasi Damai Cartenz 2023.

Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas keberhasilan mereka dalam menjalankan upaya penegakkan hukum terhadap KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) dan KKP (Kelompok Kriminal Papua) di wilayah Papua.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Pemberian penghargaan tersebut berlangsung di Lapangan Upacara Batalyon B Satbrimob Polda Papua, Timika, Kamis (28/12/2023) oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol Petrus Patrige Rudolf Renwari, S.H., M.Si dihadairi pejabat utama Polda Papua dan undangan lainnya.

Pin Emas Kapolri, yang merupakan simbol apresiasi tinggi dari Kepolisian Republik Indonesia, disematkan kepada 418 Anggota Polri dan 131 prajurit TNI yang terlibat dalam operasi tersebut. Proses pemberian penghargaan ini telah melalui tahapan seleksi yang ketat dan berdasarkan pencapaian yang signifikan dalam tugas mereka.

Wakapolda Patridge Renwarin mewakili Kapolri, menyampaikan apresiasi atas dedikasi serta keberanian para personel satgas Operasi Damai Cartenz.

“Saya mewakili Bapak Kapolri menyematkan Pin Emas Kapolri kepada personel satgas Operasi Damai Cartenz baik TNI maupun Polri. Mereka telah menunjukkan komitmen dan keberanian yang luar biasa dalam menjalankan tugas penegakkan hukum terhadap KKB di Papua,” ujar Wakapolda Papua.

Wakapolda mengataka npentingnya kesinambungan upaya penegakan hukum dalam persiapan menyongsong Pemilu dan Pilkada 2024. “Polri tengah menggelar Operasi Mantap Brata 2023-2024 sebagai bagian dari persiapan mengawal pesta demokrasi tersebut. Kami mengharapkan dukungan serta kolaborasi untuk memastikan suksesnya pelaksanaan Pemilu dan Pilkada di Papua,” tambahnya.

“Pin Emas ini merupakan kado natal spesial dari Kapolri kepada para personel yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam menjaga keamanan di Papua. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus berprestasi dan melanjutkan perjuangan menjaga keamanan dan kedamaian di wilayah ini,” tutup Patridge.

Pemberian penghargaan ini tidak hanya sekadar simbol, namun juga menjadi cerminan atas komitmen keras TNI-Polri dalam menjaga keamanan dan kedaulatan di wilayah Papua yang seringkali diwarnai oleh tantangan kompleks.
Dalam rilis akhir tahun 2023, Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani S.Sos, S.I.K., M.H, menegaskan capaian luar biasa yang telah diraih selama tahun berjalan.

“Selama tahun 2023, penegakkan hukum terhadap KKB dan KKP dilakukan sebanyak 98 kali, dengan hasil signifikan seperti penanganan hukum terhadap 33 orang KKB, pemusnahan 32 senjata api, serta penguasaan terhadap 42 titik markas KKB”.

Editor | SONNY RUMAINUM