Suku Byak di Tanah Papua dan Seluruh Dunia Belasungkawa Atas Kepergian Lukas Enembe

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Kepala Suku Byak Tanah Papua dan Seluruh Dunia, Manfun Kawasa Byak Sroijer Apollos mengungkapkan duka cita yang mendalam atas terpanggilnya Kepala Suku Besar Papua, Lukas Enembe pada tanggal 26 Desember 2023 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

“Atas nama seluruh suku Byak di Tanah Papua dan di seluruh dunia, saya Manfun Kawasa Byak menyampaikan turut berdukacita yang mendalam atas berpulangnya bapak tuan Lukas Enembe saat umat Kristen merayakan hari Natal,”kata Sroijer.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Kata Manfun Sroijer, Lukas Enembe adalah seorang kepala suku besar di Tanah Papua yang telah dikukuhkan sebagai pemimpin berani dan tangguh hadapi tantangan dalam masa kepemimpinannya selama 10 tahun sebagai Gubernur Papua.

“Dalam suasana perayaan Natal yang penuh sukacita, seluruh masyarakat adat Papua,termasuk suku Byak dikagetkan dengan berita meninggalnya tuan Lukas Enembe. Dimata saya sebagai Manfun Kawasa Byak, sosok tuan Lukas adalah seorang pemimpin, seorang pejuang harkat dan martabat masyarakat Adat Papua,”ujarnya.

Sroijer menyatakan Enembe merupakan tokoh kharismatik yang penuh kasih sayang terhadap rakyat Papua. Ia pembela rakyatnya dari ketidakadilan yang terjadi di negeri ini.

Sosok pemberani yang berdiri tegak menghadapi berbagai tantangan.“Diakhir masanya, beliau diperhadapkan dengan hukum yang tidak ada kepastian hukumnya,”ungkap Manfun Kawasa Byak.

Sebagai tanda duka, kata Manfun Sroijer, dirinya mengajak semua masyarakat adat Papua, secara khusus suku Byak, pemimpin keret atau mananwir keret, tokoh adat dan juga tokoh masyarakat untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Lukas Enembe.

Masyarakat Adat Byak dimanapun, manabwir keret, mananwir mnu yang berada di sup Byak sup eba Papua dan seluruh dunia untuk menaikkan doa sebagai wujud turut berdukacita mengenang dan menghormati tuan Lukas Enembe.

“Kita terus berdoa dan bekerja untuk keadilan dan manusia Papua. Sekali lagi saya ucapkan turut berdukacita yang mendalam dalam, semoga perjuangan tuan Lukas dilanjutkan oleh pemimpin yang akan datang untuk terus memperjuangkan harkat dan martabat manusia Papua dimanapun berada, pada jabatan dan karya kita,”pinta Manfun Sroijer.

Kepala Suku Byak ini juga berpesan kepada keluarga yang ditinggalkan, istri dan anak anak untuk tetap tabah, karena Tuhan Allah pasti memberikan penghiburan yang sejati, kepada mama dan anak anak dan keluarga yang ditinggalkan.

Sebagai bentuk duka, kata manfu kawasa Byak, dirinya mengundang mananwir Byak, tokoh adat di sup Byaki, sup fyor,Saureri,tabi,me pago, la pago, untuk bikin puji- pujian di kediaman di Darfuar Land Village.

“Selamat jalan bapak Lukas Enembe, Tuhan Jesus menyayangimu. Tuhan memberikan penghiburan dan tetap tabah kepada keluarga, istri dan anak-anak.Jou suba,”tandasnya.

Editor | SIMON BAAB