Menpora dan Wamenparekraf Tutup Pra PON Cabor Muaythai

SURABAYA | PAPUA TIMES- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo didampingi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo resmi menutup Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) Cabang Olahraga (Cabor) Muaythai 2023 di GOR Pancasila Surabaya, Sabtu sore, 26 Agustus 2023.

Pada acara penutupan tersebut, Menpora Dito menyambut positif ajang ini sebagai pembinaan jangka panjang untuk cabor Muaythai. Apalagi ajang ini mendapat sambutan luar biasa dari daerah sebagai kompetisi untuk kualifikasi PON 2024 yang akan dilaksanakan di Aceh dan Sumatera Utara.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Babak kualifikasi PON XXI tahun 2024 Aceh-Sumatera Utara cabor Muaythai ini merupakan bagian dari proses panjang pembinaan prestasi olahraga. Prestasi kalian akan menjadi modal untuk menjawab tantangan di even internasional,” ujar Menpora Dito.

Menteri Dito Ariotedjo mengatakan para atlet yang lolos Kejurnas kali ini akan mengikuti PON XXI 2024 yang diselenggarakan di Aceh dan Sumatra. “Selamat kepada semua atlet yang telah meraih prestasi terbaik. Pesan saya jangan berpuas diri dengan prestasi yang diraih di Kejurnas Babak Kualifikasi PON XXI 2024. Jadikan ini sebagai awal prestasi untuk mengibarkan bendera merah putih di ajang internasional,” katanya.

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo menyebut kejuaraan nasional sekaligus BK PON Cabor Muaythai sejalan dengan pengembangan sport tourism dan menyemarakkan wisata olahraga di Indonesia.

Angelamengapresiasi upaya Pengurus Besar Muaythai Indonesia yang menginisiasi event yang telah sukses diselenggarakan sejak Minggu, 20-26 Agustus 2023 tersebut.

“Event ini sejalan dengan upaya pengembangan sport tourism yang telah menjadi tren pariwisata baru, dimana pasarnya sangat besar dan luas,” kata Wamenparekraf Angela.

Indonesia telah diakui sebagai basis penggemar olahraga terbesar di dunia dengan pertumbuhan sport tourism di Indonesia bisa mencapai Rp18,79 triliun hingga 2024.

Kehadiran sport tourism dikatakan Angela dapat memberikan multiplier effect pada kegiatan ekonomi masyarakat termasuk UMKM lokal. “Saya pikir ini adalah konsep yang sangat menarik. Bagaimana olahraga dan UMKM ini bisa bersatu khususnya ekonomi kreatif. Karena kalau olahraga sendiri peminatnya banyak. Tentunya mereka butuh hiburan juga. Dan di sinilah kehadiran UMKM,” ujarnya.

“Saya berharap event ini dapat melahirkan atlet muaythai Indonesia yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” ujar Angela.

Babak kualifikasi PON Muaythai ini digelar 20-27 Agustus 2023 dengan mempertandingkan sebanyak 22 kelas dan nomor. Rinciannya, empat nomor seni dan 18 kelas fight. Diikuti 31 provinsi terutama tim-tim dari Jawa.

Editor | TIM