PMI Butuh 1600 Kantong Darah, Rumasukun Ajak Warga Papua Donor

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78, Pemerintah Provinsi Papua bersama Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar donor darah.

Bakti sosial ini yang digelar Jumat, 11 Agustus 2023, di gedung Papua Youth Creative Hub, untuk mendukung ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) yang ditargetkan mencapai 200 kantong darah.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua, Dr.M Ridwan Rumasukun mengajak seluruh komponen masyarakat di Papua turut mendonor darah untuk mendukung ketersedian darah bagi masyarakat yang membutuhkan.
“Bagi masyarakat yang sehat dan memenuhi syarat,silahkan mendonor darah. Karena berharga untuk menyelamatkan banyak orang yang membutuhkan. Apalagi stok darah di PMI biasanya kosong,”ungkap Rumasukun

Gerakan aksi donor darah melibatkan TNI, Polri, Komunitas dan ASN. Pada Jumat 11 Agustus, di gedung Papua Youth Creative Hub dengan tema teteskan darah untuk mereka yang membutuhkan penyelenggaraan darah.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Jayapura, Rustan Saru mengapresiasi Plh Gubernur Papua beserta jajaran Pemprov Papua yang telah membantu pemenuhan stok darah.

Kata Saru, PMI Kota Jayapura setiap bulan membutuhkan sekitar 1600 kantong darah. “Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemprov Papua dan kepada semua elemen masyarakat, TNI-Polri yang ikut serta mendonorkan darahnya hari ini,”ungkapnya.

Ia mengatakan selama ini stok darah di PMI mensuplai kebutuhan di 10 rumah sakit yang berada di Kota Jayapura. “Ini juga suatu perjuangan,ya. Ini Pejuang kemanusian untuk menolong sesama. Karna memang, PMI Kota Jayapura mensuplai 10 rumah sakit yang ada (di Kota Jayapura).”

“Pada momen kemerdekaan kali ini, warga Papua diharapkan dapat meneruskan semangat perjuangan dengan menjadi turut menjadi pejuang kemanusiaan dan menyumbangkan darahnya bagi yang membutuhkan,”tandas mantan Wakil Walikota Kota Jayapura itu.

Asisten Sekda Papua Suzana Wanggai selaku Ketua Panitia HUT Kemerdekaan RI 2023 mengatakan selain aksi donor darah, Pemprov Papua juga menyerahkan bingkisan kepada keluarga pahlawan.

Wanggai berharap bantuan tersebut bisa meringankan beban keluarga pahlawan jelang HUT Kemerdekaan.

Editor | SONY RUMAINUM

Komentar