Karnaval dan Berbagai Lomba Semarakan HUT RI di Papua Pegunungan

WAMENA | PAPUA TIMES- Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan bersama seluruh elemen masyarakat, TNI-Polri turut serta menyeramakan berbagai lomba dan bhakti sosial dalam rangka peringatan HUT Proklamasi Republik Indonesia ke-78.

Pada Kamis, 10 Agustus 2023, Penjabat Gubernur Nikolaus Kondomo,SH.,MH didampingi Bupati Jawijaya, Jhon Banua, Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Cpn Athenius Murip melepas peserta Karnaval Budaya yang dipusatkan di Menara Salib Wio Silimo, Wamena.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Gubernur Kondomo dalam kesempatan itu mengatakan Karnaval Budaya yang digagas Pemkab Jayawijaya ini rangkaian kegiatan dalam menyemarakan perayaan HUT RI dan sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya se-nusantara. ”Karnaval ini sangat positif untuk melesatarikan budaya,”ujarnya.

Sementara jalan santai digelar Jumat pagi, 11 Agustus 2023, diikuti Forkompin dan Papua Pegunungan, masyarakat dan perwakilan dari BUMN dan BUMD dengan rute finis kantor Gubernur Papua Pegunungan. Usai giat jalan santai dilanjutkan dengan lomba dansa berpasangan.

“Perayaan lomba dan bhakti sosial semarakan HUT RI yang pertama kalinya dilakukan Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan. Ini menjadi sejarah,”ucapnya Kondomo.

Ia menambahkan menjelang detik-detik HUT Kemerdekaan, pemerintah menggelar berbagai kegiatan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan.

Ketua Panitia HUT RI Provinsi Papua Pegunungan Elai Giban mengatakan rangkain kegiatan HUT RI berlangsung hingga tanggal 15 Agustus 2023. Diantaranya lomba lari, gerak jalan, pameran dan pasar murah.

“Selain jalan santai, panitia juga menggelar berbagai lomba seperti lomba lari, gerak jalan, pameran dan pasar murah. Rankaian kegiatan jelang peringatan HUT RI ini melibatkan seluruh komponen masyarakat, swasta dan pemerintah,”ungkapnya.

Khusus jalan santai dan lomba dansa berpasangan, panitia menyiapkan hadiah menarik berupa 4 unit sepeda motor dan hadiah hiburan berupa perabotan rumah tangga.

“Rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT RI ke – 78 di Provinsi Papua Pegunungan akan dilaksanakan hingga tanggal 15 agustus 2023. Kemudian kita pusatkan perhatian untuk puncak peringatan HUT kemerdekaan,”tandasnya.

Sementara itu, Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Cpn Athenius Murip, S.H., M.H, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) se-Papua Pegunungan yang turut serta menyeramarakan peringatah HUT RI ke 78.

Murip mengatakan kegiatan karnaval budaya, jalan santai dan berbagai lomba yang digelar pemerintah sangat positif meningkatkan persatuan dan kesatuan di daerah itu.

“Adat dan budaya wajib dilestarikan dan diimplementasikan dalam kehidupan. Kegiatan ini juga menyemarakan HUT RI sekaligus meningkatkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air Indonesia,”ujar Dandim Murip.

Editor | HENDROL KOGOYA