Kabor Kalahkan Daeng, 4 Tiket Papua ke PON Aceh-Sumut Aman

JAKARTA | PAPUA TIMES-Tim Hockey Papua berhasil mengamankan 4 tiket ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut). 4 Tiket dipersembahkan insos kabor (sebutan putra-putri dalam Bahasa daerah Byak Numfor, Papua) dari nomor Hockey Indoor dan Hockey Field (lapangan).

“Puji Tuhan Jesus, anak-anak kita berhasil mengamankan 4 tiket ke PON Aceh-Sumut. Dua tiket dari nomor Hockey Indoor dan 2 tiket dari Hockey Field,”ungkap Yotam Wakum, Ketua Federasi Hockey Indonesia (FHI) Provinsi Papua, Kamis malam, 27 Juli 2023 di Jakarta.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Ia mengatakan tiket ke 4 diraih tim Hockey Field Putra saat mengkandaskan tim Daeng Sulawesi Selatan dengan skor 2-0, Kamis petang di Lapangan Hoki Gelora Bung Karno, Jakarta. Dngan hasil ini maka tim Hockey Papua dipastikan berlaga di PON XXI.

“Hockey Field Putra menang 2-0 dari Sulsel dengan demikian 4 tiket sudah aman ke PON Aceh,”ujarnya menambahkan hari ini, Jumat 28 Juli 2023, Tim Hockey Field Putra bakal berhadapan dengan Tim DKI Jakarta di final untuk memperebutkan medali emas.

Tim Hockey Putra Papua sementara memimpin klasemen Pool A di atas DKI Jakarta, Yogyakarta, Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah.

Di laga perdana menghadapi tim Yogyakarta, Kabor Biak Numfor berhasil kandakan mas Jawa dengan skor 4-0 pada Selasa kemarin (25/7/2023).

Mateus Kbarek, Pelatih Tim Hoceky Papua, mengatakan Tim Hockey Field Putri telah lebih dulu memastikan lolos ke PON XXI, setelah meraih hasil dua kemenangan pada babak kualifikasi yang berlangsung di Lapangan Hoki Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Dalam dua laga, tim hoki outdoor putri Papua menang atas Banten dengan skor 5-0 Minggu (23/7/2023) dan mengalahkan salah satu tim kuat, Jawa Barat dengan skor 1-0 Rabu (26/7/2023).

Dua kemenangan tersebut menempatkan tim hoki outdoor putri Papua di puncak klasemen Pool D sekaligus memastikan langkah mereka ke PON XXI Aceh – Sumatera Utara.

Mereka tinggal menyisakan satu pertandingan lagi menghadapi Kalimantan Barat yang akan dipertandingkan pada Sabtu (29/7/2023).

“Tim putri kita melawan Jawa Barat menang 1-0, dan sementara mereka ada di peringkat pertama. Dan hari penentuan ada di laga melawan Kalimantan Barat. Dan otomatis Papua sudah juara Pool dan lolos ke PON XXI Aceh – Sumut,”ujarMatheus yang juga Binpres Pengprov FHI Papua.

Tim putri dan putra Hockey Field Papua datang ke ajang Pra-PON dengan status juara bertahan dan runner up PON XX tahun 2021.

Dua tahun lalu di rumah sendiri, tim putra mendapatkan medali emas, sedangkan tim putri menjadi runner up dan meraih medali perak.

Editor | HASAN HUSEN