Hanura Papua Optimis Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Provinsi Papua, Kenius Kogoya optimis partainya lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

Kenius mengatakan, tahapan verifikasi faktual berjalan dengan baik, dan semua syarat dan ketentuan bisa terpenuhi.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Jadi selama KPU melaksanakan tahapan verifikasi faktual tidak ada kendala dan kami dapat penuhi semua syarat dan ketentuan yang diminta, khususnya keterwakilan 30 persen perempuan,” kata Kenius kepada pers usai menerima kunjungan KPU dan Bawaslu Papua dalam melakukan verifikasi faktual di kantornya, Senin, (17/10/2022).

Ia berharap, dari hasil verifikasi tersebut menjadi spirit kepada pengurus Hanura di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota maupun di tingkat kecamatan/distrik untuk bersatu dan mempersiapkan diri dengan baik sehingga mendapatkan dukungan dari masyarakat pemilih di Papua dari hati nurani yang tulus kepada partai Hanura.

“Saya harapkan dari hasil verifikasi ini memberikan motivasi bagi pengurus untuk semangat dan siap bersaing untuk Pemilu 2024,” katanya.

Sementara itu, Anggota KPU Papua, Fransiskus Antonius Letsoin mengatakan parpol yang menjalani verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan adalah parpol peserta Pemilu 2019 yang tidak memperoleh kursi di DPR RI dan parpol baru yang belum pernah ikut pemilu dan mendaftar ke KPU RI.

Sembilan Parpol yang mengikuti verifikasi adalah Partai Bulan Bintang, Partai Buruh, Partai Garda Perubahan Indonesia, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia, dan Partai Ummat.

Menurutnya, Partai Hanura merupakan partai terakhir yang diverifikasi factual. Sebelumnya juga telah dilakukan kepada Partai Perindo Papua.

“Hari ini kita melakukan verifikasi di Partai Hanura. Hanura merupakan partai terakhir yang diverifikasi. Sebelumnya kita juga verifikasi Partai Perindo. Ada beberapa indikator yang menjadi perhatian KPU saat melakukan verifikasi, yakni kepengurusan, keterwakilan perempuan dan kantor tetap,”jelas Letsoin.

Editor | HANS BISAY