oleh

Mau Mekar 20 Provinsi Kah Terserah, Tapi Tanah Papua Tetap Satu

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia telah menyetujui pemekaran di Bumi Cenderawasih. Kedepan akan ada 6 provinsi yakni Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan dan Provinsi Papua Barat Daya. Walaupun demikian, Tanah Papua tetap satu.

Hal itu dikatakan Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP,MH saat menutup Lomba Lari dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas), Jumat petang (9/9/2022).

“Mau mekarkan 10 provinsi kah, 20 provinsi kah terserah, tapi tanah Papua tetap satu, kita tetap satu. Kita Papua komitmen memajukan olahraga di seluruh tanah Papua,” tegasnya di Stadiun Lukas Enembe.

Secara kuantitas, jumlah Orang Papua sangat sedikit dan terbilang minoritas. Oleh karena itu, kata Gubernur Enembe, rakyat Papua harus mampu mengembangkan diri, berinovasi dan menciptakan terobosan-terobosan besar.

“Kita Orang Papua minoritas, jumlahnya sedikit. Oleh karena itu untuk menjadi mayoritas di dalam bangsa ini, kita harus menciptakan terobosan lewat karya-karya dan prestasi. Dan prestasi di bidang olahraga menjadi salah satunya,”ungkapnya.

BACA JUGA  Presiden Jokowi Tanggapi Masalah Gubernur Enembe, Ini Pernyataannya

Gubernur Enembe menyebutkan cukup banyak orang Papua tercatat sebagai atlet nasional dan berhasil mengharumkan nama Indonesia di berbagai pentas internasional baik di Sea Games, Asian Games maupun Olimpiade.

Prestasi olahraga tersebut harus juga di terjadi di bidang-bidang yang lain, sehingga Papua menjadi mayoritas melalui karya-karyanya. “Selamat buat para atlet yang berprestasi di asia dan internasional yang sudah kalian sumbangkan untuk negara tercinta kita Indonesia” ungkapnya.

Khusus untuk cabang olahraga atletik, Gubernur meminta agar pelari-pelari Papua saat ini mampu mengulang sejarah sebagaimana prestasi yang diraih atlet-atlet Papua diera tahun 1980 dan 1990 yang berhasil merebut medali emas di iven internasional.

“Saya minta atlet-atlet kita harus bisa membawa nama baik Papua di ajang nasional dan internasional. Tadi saya dengar dibacakan nama mantan pelari kita seperti Franklin Burumi yang menjuarai Sea-Games dua kali. Makanya saya minta harus lebih banyak atlet Papua berprestasi di Sea Games, Asian Games, bahkan Olyimpiade,”pinta Enembe.

BACA JUGA  1000 Triliun Dana Otsus Papua, Menkopolhukam Keliru

Editor | HANS B | HERMON K

Komentar