oleh

Lomba Lari Haornas di Stadion Lukas Enembe

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Dalam rangka memeriahkan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 tahun 2022, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua menggelar lomba lari yang dipusatkan di stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Pembukaan lomba berlangsung Rabu pagi (7/9/2022) oleh Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Papua, Prof. Saharudin Itaa,M.Kes, AIFO mewakili Ketua KONI Papua Kenius Kogoya,SP,M.Si ditandai dengan pelepasan balon gas dan disaksikan ratusan peserta dan penonton.

Ketua Panitia Lomba Lari dalam rangka Haornas ke-39, Daniel Womsiwor mengatakan KONI Papua pagelaran lomba lari ini merupakan salah satu upaya Ketua Umum KONI Papua dalam rangka mengangkat dan mempersiapkan pelari-pelari Papua jelang PON XXI Aceh-Sumatera Utara.

“Impian besar Ketua KONI Papua untuk mengangkat kembali olahraga prestasi di Papua untuk mempersiapkan diri menghadapi PON XXI Aceh-Sumut, makanya membuat dua lomba atletik,” jelasnya Daniel kepada wartawan usai pembukaan lomba lari.

KONI papua, kata Daniel, telah menggelar lomba lari dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77 yang diikuti 900 peserta dan lomba lari Haornas juga diikuti kurang lebih 900 peserta dari Papua dan Papua Barat.

BACA JUGA  Bupati Romanus Mbraka Terpilih Pimpin ISSI Papua

“Kita bersyukur peserta yang mengikuti lomba di lintasan lari Stadion Lukas Enembe sekitar 950 peserta. Ini menandakan KONI Papua sangat serius mengembalikan kejayaan atletik Papua untuk dapat mengharumkan nama Indonesia di event internasional,” harapnya.

Jumlah peserta lari saat ini berjumlah 950 peserta, memecahkan rekor Papua dalam penyelenggaraan lomba lari terbanyak. “Kami berharap ke depan jumlah ini terus kita pertahankan, dan kalau bisa di tingkatkan,” harapnya lagi.

Daniel berharap hasil dari atlet-atlet yang mengikuti lomba lari ini dapat dimaksimalkan dalam PON XXI Aceh-Sumut sehingga posisi empat besar PON dapat dipertahankan. “PASI dan KONI Papua punya harapan besar atlet yang kami peroleh saat ini dapat menyumbang medali emas di PON XXI (sehingga) Papua dapat pertahankan posisi di empat besar,” tambahnya.

Dia menyebut 47 medali emas dipersiapkan Cabor atletik di PON XXI Aceh-Sumut sehingga olahraga ini harus benar-benar diperhatikan dengan baik oleh KONI Papua untuk mendulang medali sebanyak-sebanyak dari Cabor ini.

BACA JUGA  Bupati Romanus Mbraka Terpilih Pimpin ISSI Papua

“Kita harus genjot atletik supaya perolehan medali di PON XXI dapat maksimal dan juga mampu mempertahankan posisi di empat besar. PASI Papua harus melihat agenda yang dibuat KONI Papua sebagai agenda penting ke depan,” tukasnya.

Editor | HERMON K

Komentar