oleh

PON XX : Kalbar Kirim 67 Atlet Terbaik

PONTIANAK | PAPUA TIMES- Kontingen Kalimantan Barat (Kalbar) optimis meraih prestasi terbaik di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang dihelat 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Untuk mewujudkan target tersebut, KONI dan Pemerintah Kalbar mengirimkan 67 atlet terbaik. Mereka akan bertanding di 20 Cabang Olahraga (Cabor). “Kalbar berkekuatan 67 Atlet, 30 Pelatih, 9 Assiten Pelatih dan 1 Manager,”ujar Gubernur Kalbar, Sutarmidji, SH,M.Hum saat melepas kontingen Kalbar.

Ketua Umum KONI Kalbar, Fachrudin D Siregar menyatakan, bahwa kontingen yang bertugas di klsster Mimika, Papua, mulai berangkat pada Rabu (15/9).

Mereka yang berangkat terlebih dahulu, adalah jajaran pengurus KONI Kalbar untuk mempersiapkan akomodasi, transportasi, maupun segala hal untuk keperluan atlet, pelatih dan official.

“Tanggal 15 September ada beberapa tim dari KONI yang akan ke Mimika untuk mempersiapkan segala sesuatunya menyangkut yang kita sewa mulai dari penginapan, transportasi dan lain sebagainya” ujarnya.

Untuk Atlet, Official dan Pelatih, Fachrudin menegaskan sudah harus berada di lokasi pertandingan masing-masing minimal 4 hari sebelum pertandingan.

Ini dilakukan untuk beradaptasi dengan lingkungan maupun venue pertandingan.

BACA JUGA  Pemprov Hibahkan Venue PON ke Pemkab, Pemkot, Polda, Lanud, Uncen dan STT

Menurut Fachrudin adaptasi penting dilakukan karena perbedaan lingkungan dengan Kalimantan Barat termasuk perbedaan waktu antara Papua dan daerah ini.

“Selain pandemi Covid-19, saya berharap agar atlet menjaga kesehatan dari penyakit Malaria pihaknya pun telah meminta dukungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalbar,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, menyiapkan bonus untuk atlet asal Kota Pontianak yang berhasil meraih medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Pemberian bonus ini, disampaikan oleh Edi Kamtono saat ia melepas atlet Kota Pontianak yang akan mengikuti PON XX, di Halaman kantor Wali Kota Pontianak.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (Ketum KONI) Fachrudin D Siregar. Ketua KONI Kota Pontianak, Mei Purwowidodo, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Kadisporapar) Kota Pontianak, Syarief Saleh Al-Kadrie dan Kepala SKPD di lingkungan Pemkot Pontianak.

“Saya berharap, atlet Kota Pontianak diberikan keselamatan dan kesehatan serta kesuksesan dalam meraih prestasi di PON XX Papua,” paparnya.

BACA JUGA  Pemprov Hibahkan Venue PON ke Pemkab, Pemkot, Polda, Lanud, Uncen dan STT

“Pemerintah Kota Pontianak juga mempersiapkan uang saku bagi mereka dan jika mereka bisa meraih medali maka akan kita persiapkan bonus. Sehingga bisa memberikan semangat bagi para atlet untuk berjuang dan meraih prestasi bagi Kalbar dan Kota Pontianak,” ujar Edi Kamtono.

Wali Kota menyampaikan, ada 32 atlet, 27 Pelatih dan Pendamping asal Kota Pontianak yang memperkuat kontingen Kalbar di PON XX Papua.

Editor | TIM

Komentar