Softball Putra Pertandingan Perdana Di PON XX

JAKARTA | PAPUA TIMES- Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, menyatakan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX atau PON Papua tetap digelar pada tanggal 2-15 Oktober 2021. Pertandingan perdana di PON XX Papua adalah Cabang Olahraga Softball

Secara tegas pula ia mengatakan, tidak ada penundaan kembali seperti pada 2020 lalu karena pandemi Covid-19. “Komunikasi antara Panitia Besar PON dan KONI Pusat di bawah koordinasi Kemenpora terkait penyelenggaraan PON ini semakin hari semakin baik. Olimpiade Tokyo dengan dinamikanya berjalan baik, saya berharap PON Papua juga bisa berjalan baik,” kata Marciano Norman dalam konferensi pers virtual, Kamis (12/8/2021).

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

Terkait masalah keamanan, Marciano menegaskan, Polda Papua beserta Kodam XVII/Cenderawasih memastikan PON Papua bisa berjalan aman dan nyaman. Personel keamanan disiapkan di empat titik wilayah penyelenggara PON yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. “Masyarakat Papua sangat menantikan dan mereka ingin jadi tuan rumah yang baik,” ujarnya.

Pembukaan PON tetap digelar pada 2 Oktober di Stadion Lukas Enembe Marciano dan Ketua Koni mengatakan kehadiran penonton akan disesuaikan dengan kondisi karena ada pandemi Covid-19. “PON tetap berjalan sesuai rencana pada 2 – 15 Oktober. Jadwal pertandingan perdana di Kota Jayapura 22 September 2021 yaitu pertandingan sofboll putra,” kata Marciano Norman.

Marciano Norman, mengatakan tingkat vaksinasi untuk peserta PON Papua sudah sangat tinggi, mencapai 70 persen. Vaksinasi menjadi salah satu syarat bagi atlet dan ofisial untuk tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 Papua, 2-15 Oktober 2021.

“Nantinya, atlet, ofisial, maupun wartawan yang terindikasi Covid-19 akan diambil langkah-langkah emergency, termasuk PCR test dan langsung masuk karantina,” kata Marciano.

Terkait vaksinasi untuk warga sekitar venue PON Papua, Marciano Norman menyatakan sudah mencapai 40 persen. Sebagai catatan, target, dari pemerintah maupun Panitia Besar (PB) PON adalah, sebanyak 70 persen masyarakat sekitaran venue sudah divaksinasi saat PON 2021 berlangsung.

Marciano Norman juga menyatakan, rumah sakit rujukan Covid-19 sudah disiapkan di semua klaster penyelenggara PON Papua.

Klaster penyelenggara itu ada empat, yakni Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

PON Papua 2020 bakal mengadopsi banyak protokol kesehatan dari gelaran Olimpiade 2020 Tokyo, 23 Juli-8 Agustus lalu. Sistem bubble diberlakukan sehingga ruang gerak atlet dari penginapan ke tempat pertandingan benar-benar dibatasi.

Editor | TIRTO

Komentar