Raih Emas PON, Agus Mahuse Minta Perhatian Gubernur Enembe

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan menjadi PON keempat bagi seorang Agustinus Mahuse. Atlet di nomor lempar lembing itu tak pernah absen mempersembahkan medali bagi kontingen Papua dalam tiga edisi beruntun.

Agus Mahuse adalah salah satu atlet senior yang memperkuat Papua di Cabang Olahraga (Cabor) Atletik. Dia sudah tampil di iven PON sejak PON XVII di Kalimantan Timur tahun 2008.

Di PON pertamanya itu, atlet yang sudah terjun di Cabor Atletik sejak SMP itu berhasil mempersembahkan medali perak bagi kontingen Papua. Empat tahun berikutnya di PON XVIII Riau tahun 2012, Agus naik satu level dengan menyumbangkan medali emas. Agus kembali sukses mempertahankan medali emas di PON XIX Jawa Barat tahun 2016 dengan catatan lemparan sejauh 68,81 meter.

Sayangnya, kesuksesan yang didapat oleh Agus di dunia olahraga itu tak semulus kisah hidupnya. Pelanggan medali di tiga edisi PON itu belum memiliki pekerjaan tetap dan hanya bertumpu pada karier olahraganya sebagai seorang atlet.

“Selama jadi atlet ini saya tidak punya pekerjaan lain selain jadi atlet saja. Saya sudah tiga kali ikut PON dan terus meraih medali di PON. Di Kalimantan Timur saya dapat medali perak, di Riau saya dapat medali emas, di Jawa Barat juga medali emas,” kata Agus.

Agus tak pernah mengeluhkan hal tersebut. Dia tetap setia dan fokus untuk bisa kembali mendapatkan medali emas bagi Papua di PON XX, Oktober mendatang.

“Target saya sebagai tuan rumah di PON XX nanti yah saya berharap bisa kembali memberikan yang terbaik untuk Tanah Papua,” ujarnya.

Atlet asal Merauke itu berharap Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe,SIP,MH dan Pemerintah mau memperhatikan atlet yang berprestasi seperti dirinya. Minimal ia ingin mendapatkan pekerjaan tetap.

“Saya berharap Pak Gubernur dan pemerintah, mau memperhatikan atlet seperti saya yang sudah tiga kali PON mengharumkan nama Papua. Saya mohon diperhatikan dan setidaknya bisa dipekerjakan juga di KONI atau sebagai ASN,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Papua, Doren Wakerkwa mengatakan pihaknya tetap optimis bisa mendapatkan medali sebanyak-banyaknya di cabor atletik.

“Soal target medali, kita optimis bisa meraih medali sebanyak-banyaknya di cabang olahraga atletik nantinya. Karena sejauh ini, semua atlet menunjukkan persiapan yang sangat matang,” pungkasnya.

Editor | TIM

Komentar