oleh

Bupati Nduga: SDM Sangat Penting

KENYAM | PAPUA TIMES- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nduga,Papua, tahun ini memprioritaskan pembangunan di sektor Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Kesehatan, dan Infrastruktur.

Bupati Nduga, Wentius Imiangge,S.AK.SPd,MM, menegaskan sektor pendidikan dan SDM menjadi prioritas di daerahnya, karena hingga kini jumlah SDM disana masih terbatas. Tenaga tenaga profesional di bidang pendidikan, kesehatan dan bidang-bidang laiinya masih sangat minim.

“SDM dan pendidikan menjadi sangat penting. Kami pemerintah membangun berbagai sarana infrastruktur dan sarana-sarana lainnya, tetapi kemudian tidak ada orang asli Nduga yang menggakses dan menggunakan fasilitas ini, percuma juga. Maka itu, kami harus pikir dulu pengembangan SDM untuk masa depan Nduga dan Papua,”ungkap Wentius kepada di Kenyam, ibukota Kabupaten Nduga, pekan ini.

Selain menggenjot pengembangan SDM dan pendidikan, lanjut Bupati, Pemkab Nduga konsen membangun fasilitas kesehatan termasuk peningkatan SDM tenaga-tenaga kesehatan yang selama ini melayani masyarakat di kampung.

“Upaya mencegah penyebaran virus Corona dan juga bahaya HIV/AIDS menjadi prioritas kami di Nduga untuk menjaga masyarakat tetap sehat dan tidak terinfeksi,”ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Wentius mengatakan seluruh program pembangunan infrastruktur yang digagas mantan Bupati Nduga (alm) Yairus Gwijangge, tetap dilanjutkan. Pembangunan bandar udara Kenyam juga tambah sehingga bisa didarati pesawat-pesawat jenis ATR dan lainnya.

“Untuk penerbangan ke Nduga, kami berikan subsidi untuk membantu masyarakat kami yang butuh pelayanan. Subsidi pesawat ke distrik-distrik diprioritaskan juga. Makanya kami akan kerjasama dengan meskapai penerbangan sipil,”bilang Wentius.

Mengenai dukungan dan pelayan Aparat Sipil Negara (ASN) di Nduga, Bupati mengatakan demi tertibnya pelayanan pemerintahan dan masyarakat, ASN di Nduga diberikan fasilitas termasuk insentif. “Pegawai kita sejahterakan dengan syarat mereka tetap melayani dengan baik dan tidak tinggalkan tempat tugas,”tegasnya.

Wentius Imiangge,S.AK.SPd,MM dilantik sebagai Bupati Nduga pada tanggal 15 Maret 2021 di Gedung Negara,Dok V Jayapura. Dia melanjutkan sisa jabatan menggantikan Bupati (alm) Yairus Gwijangge.

Bupati mengaku kepergian almarhum Yairus Gwijangge menyisahkan sedih yang mendalam bagi masyarakat dan pemerintah Nduga. Almarhum sangat berjasa dalam pembangunan di daerah itu dan sangat rendah hati dalam kepemimpinannya.

“Bapak Yairus Gwijangge adalah tokoh Nduga yang sudah membangun dengan sangat baik. Kami beserta masyarakat sangat kehilangan beliau. Jasa-jasanya akan terus dikenang, masyarakat Nduga,”ujar Bupati Wentius.

Editor | HANS B | LEPIANUS K

Komentar

News Feed