Dibackup TNI-Polri dan Masyarakat, PON Papua Dipastikan Aman

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) optimis penyelenggaraan PON di Bumi Cenderawasih pada tanggal 02-15 Oktober 2021 mendatang berlangsung dengan aman dan sukses.

Penegasan itu disampaikan Ketua Harian PB PON XX Papua, Yunus Wonda menginteraksi kondisi keamanan dan ketertiban di Tanah Papua jelang PON.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

“Sebagai Ketua Harian PB PON Papua saya mau pastikan kepada semua kontingen di Indonesia, bahwa sampai hari ini Papua aman. Semua masyarakat Papua siap menjadi tuan rumah yang baik,” terang Yunus kepada pers disela-sela rapat persiapan Chief De Mission (CDM) Meeting II, Jumat (26/3/2021) di Jayapura.

Penyelenggaraan PON mendapat pengamanan langsung dari TNI/Polri sehingga PB PON meyakini selama pagelaran iven empat tahunan berlangsung tanpa gangguan keamanan.

“Apalagi Pemerintah Provinsi Papua di back up oleh TNI/Polri dalam menjaga kondisi keamanan dan ketertiban daerah,”ujarnya.

Dikatakan Yunus Wonda, hingga kini situasi Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Papua dan khususnya di empat klaster penyelenggaraan PON yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke sangat kondusif.

“Kalau terjadi gangguan keamanan di beberapa daerah di Papua, saya pikir itu tempatnya jauh dari tempat penyelenggaraan PON. PON ini kita punya komitmen untuk menjaga keamanan. Kami diback up aparat keamanan. Dan saya yakin masyarakat Papua akan sukseskan PON tanpa ada gangguan”tegasnya.

Beberapa pekan kedepan, PB PON menggelar CDM Meeting II atau rapat koordinasi dengan KONI se-Indonesia. Kata Wonda, Papua sebagai tuan rumah tak akan mengecewakan para tamu undangan yang hadir.“Saya yakin pelaksanaan CDM Meeting II akan sukses dan kita siap memaparkan progres PON yang sudah kami persiapkan,” pungkasnya.

Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Suwarno, berharap pada CDM Meeting II di Jayapura, 7-9 April 2021mendatang, PB PON Papua dapat memberi gambaran tentang kemajuan persiapan agenda empat tahunan itu.

“Termasuk masalah keamanan yang menjadi perhatian semua KONI Provinsi di Indonesia. Nanti biar pihak kepolisian dan TNI (bersama PB PON Papua) menyampaikan pada saat CDM Meeting II serta ikut meyakinkan para tamu bahwa penyelenggaraan PON Papua itu akan berjalan aman,” tandas dia.

Suwarno yang juga Ketua Tim Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XX itu menyampaikan bahwa keamanan Papua sekarang aman terkendali, tetapi perlu dijelaskan secara rinci oleh pihak keamanan.

“Saya imbau, semua pihak untuk ikut menjaga keamanan sehingga acara PON berjalan lancar, apalagi ini sejarah bagi Papua menyelenggaran event olahraga Nasional, sehingga kita harus berikan rasa aman kepada semua orang yang datang ke Papua,” imbaunya.

Editor | EDWIN R | LAMBERT P

Komentar