PB PON Deadline Kebutuhan Arena Pertandingan Rampung Agustus

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua 2021 menargetkan kebutuhan overlay pada arena pertandingan akan selesai pada bulan Agustus mendatang.

“Kami sedang membuat laporan pendahuluan dan laporan interm perencanaan kebutuhan overlay arena/venue untuk mendukung pertandingan penyelengaraan di PON pada bulan Oktober mendatang,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Koordinator Bidang Arena PB PON, Benny Tan Imbiri kepada pers di Jayapura, Rabu, 24 Maret 2021.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

Diproyeksikan kebutuhan overlay atau lapisan pertandingan PON XX tersebut dapat rampung pada bulan Agustus mendatang. Dan untuk hal itu, PB PON telah meminta masukan dari Panitia Pelaksana (Panpel) Cabang Olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan pada PON XX Papua 2021.

“Rapat kita dengan Panpel Cabor hari ini untuk meminta masukan sebelum laporan kebutuhan arena kita masukan dalam perencanaan untuk segera dilelang,” jelas Benny.

Benny menjelaskan, tahapan perencanaan kebutuhan overlay pada masing-masing arena akan tuntas pada awal bulan April. Setelah itu langsung dilelang, sehinga ada waktu 3 bulan untuk melengkapi semua kebutuhan pada masing-masing arena. “Target kita sebelum tes event semua kebutuhan di arena pertandingan sudah tuntas,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Papua, Doren Wakerkwa melalui Sekertaris Umumnya, Markus Raubaba mengatakan berdasarkan hasil rapat koordinasi PON di klaster Mimika bulan Maret 2020 bersama Panwasrah, PB PON, Sub PB PON dan Technical Delegate (TD) Cabor Atletik merekomendasi untuk stadion atletik Mimika Sport Center perlu diperbaiki/dilengkapi.

“Hasil rapat tahun lalu ada beberapa item yang harus dilengakpi seperti lampu penerangan, tambahan toilet portable, gudang atau tenda peralatan dan pendukung lainnya, tetapi hasil kunjungan kami bulan Februari kemarin, hal-hal ini belum dikerjakan,” katanya.

Oleh karena itu, Markus berharap PB PON Papua segera menyediakan kebutuhan pada arena stadion atletik Mimika Sport Center, apalagi waktu pelaksanaan PON tinggal beberapa bulan kedepan.

Selain itu, katanya, Panpel Cabor Atletik belum bisa bekerja dengan baik di areal venue, karena venue yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia itu belum diserahkan kepada pemerintah daerah Papua.

Editor | LAMBERT P | ROBIN S

Komentar