oleh

DPRD Apresiasi Predikat WDP untuk Pemkab Tolikara

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Usai dilantik secara resmi pada Kamis, (05/11/2020), Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tolikara menggelar sidang perdana, dengan agenda Pembahasan Laporan Pertanggungjawaban Bupati Tolikara TA 2019 dan Raperda Kabupaten Tolikara tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2019.

“Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati tahun 2019 ini merupakan bagian dari siklus rutin penyelenggaraan Pemerintah Daerah, untuk secara transparan dan akuntabel menyampaikan informasi atas kebijakan dan hasil penyelenggaraan pemerintahan tahun 2019 yang telah kita lalui bersama,” kata Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, Arson Wanimbo, S.IP saat membuka sidang di Hotel Mercure Jayapura, Senin (16/11/2020).

Menurut Ketua DPRD, Arson Wanimbo, dalam membahas, membedah dan mengkaji Materi Persidangan, dibutuhkan keseriusan dan kecermatan Alat Kelengkapan Dewan dan juga Fraksi dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai lembaga legislasi, penganggaran dan pengawasan terhadap Pemerintah Daerah.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar melalui sidang tersebut, lembaga eksekutif dan legislatif dapat terus menerus bersinergi untuk mencapai tujuan bersama yaitu kesejahteraan rakyat Kabupaten Tolikara.

“Saya mengajak semua pihak baik legislatif maupun eksekutif agar serius dan fokus untuk membangun demi terwujudnya Tolikara yang lebih maju dan sejahtera,” ucap Ketua DPRD, Arson Wanimbo didampingi Wakil Ketua I: Yohan Wanimbo, dan Wakil Ketua II: Daud Payokwa, S.H.,M.H.

Pada kesempatan sidang tersebut, Ketua DPRD, Arson Wanimbo memberikan apresiasi atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Tolikara dalam meraih predikat Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk hasil audit keuangan Tahun Anggaran 2019.

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada saudara Bupati Usman G. Wanimbo, SE.,M.Si dan saudara Wakil Bupati Dinus Wanimbo, SH.,MH dan seluruh jajarannya yang telah bekerja keras, sehingga status Wajar Dengan Pengecualian (WDP) yang diberikan berdasarkan laporan hasil pemeriksaan BPK-RI kepada kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tolikara pada tahun 2019 menjadi hadiah untuk kita semua,” ungkap Ketua DPRD, Arson Wanimbo saat penutupan sidang, Kamis (19/11/2020).

Sebagai lembaga mitra pemerintah, Ketua DPRD, Arson Wanimbo berharap agar status WDP tersebut dipertahankan bahkan dapat ditingkatkan lagi, melalui sinergitas dan kolaborasi dengan lembaga legislatif agar dapat melahirkan peraturan-peraturan daerah yang berkualitas berskala prioritas.

Selain itu, pihaknya memohon dukungan penuh kepada lembaga eksekutif dan seluruh masyarakat kabupaten Tolikara agar dapat berjalan bersama-sama dalam mewujudkan fungsi pengawasan yang melekat pada lembaga ini.

“Hendaknya kemitraan yang selama ini terjalin dengan Lembaga Legislatif sebelumnya, juga dapat berlaku dengan Lembaga Legislatif periode 2019-2024,” pinta ungkap Ketua DPRD, Arson Wanimbo.

Sementara itu, Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE.,M.Si dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Dinus Wanimbo memberikan apresiasi kepada DPRD Kabupaten Tolikara atas jalinan komunikasi dan koordinasi yang baik serta dukungan dari seluruh pemangku kepentingan.

Wakil Bupati Dinus Wanimbo menjelaskan, opini WDP dari BPK RI merupakan sejarah baru dalam tata kelola pemerintahan di Kabupaten Tolikara. Sejak berdiri pada tahun 2002, kabupaten ini selalu mendapat penilaian disclaimer.
“Oleh karena itu, saya mengajak kepada kita semua untuk terus mengedepankan prinsip-prinsip profesionalitas, transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan sehingga predikat WDP ini dapat kita pertahankan dan bahkan kita tingkatkan menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” tegas Wakil Bupati Dinus Wanimbo.

Rapat Paripurna I Masa Persidangan III Tahun 2020 dengan agenda pembahasan Laporan Pertanggungjawaban Bupati Tolikara TA 2019 dan Raperda Kabupaten Tolikara tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2019, dihadiri oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tolikara, Wakil Bupati Tolikara, Dinus Wanimbo, SH.M.H, Sekda Anton Warkawani, SE, dan Asisten II Totok Krido Saksono, serta para pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tolikara.

Editor | LEPIANUS K

Komentar

News Feed