Soal Sekda Papua, Wagub Bilang Jangan Sampai Latihan Lain, Main Lain

JAYAPURA | PAPUA TIMES– Pelayanan pemerintahan dan pembangunan di Provinsi Papua saat ini berjalan normal. Tugas-tugas Sekertaris Daerah (Sekda) sudah dilaksanakan dengan baik oleh Penjabat Sekda, Doren Wakerkwa,SH.

Hal itu dikemukakan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal,SE.MM menjawab pers terkait penunjukan Sekda Papua Denivitif.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Wagub yang akrab disapa KT itu mengaku tak mengikuti proses penetapan Sekda Papua definitive. Ia bahkan tak tahu soal beredarnya Keputusan Presiden (Kepres) Nomor: 159/TPA tahun 2020 tentang penetapan Dance Yulian Flassy sebagai Sekda Papua, yang ditandatangani Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Kabinet RI, Farid Utomo.

“Saya sendiri belum tahu soal SK Presiden (tentang penetapan Sekda Papua). Saya sendiri belum ikuti, tetapi sementara ini kan sudah ada Penjabat Sekda. Artinya aktivitas pekerjaan di Sekda berjalan biasa tidak ada yang terganggu,” jelas ia kepada wartawan di Gedung Negara, Kamis sore (5/11/2020).

Meski begitu, Wagub mengajak semua pihak agar mengikuti proses yang sudah berjalan. Sebab jabatan Sekda tidak sama dengan bupati, gubernur dan wakil gubernur. “Sekda itu bukan jabatan politik. Jadi, kita ikuti dengan baik supaya yang terbaik untuk kita di Papua yang bisa dihasilkan,”kata Wagub.

Dia memastikan bahwa Provinsi Papua ingin menunjukan kepada pemerintah Indonesia bahwa provinsi tertimur di nusantara ini taat hukum serta asas. Papua bahkan ingin menjadi contoh bagi Indonesia.

Hanya saja dia berharap agar jangan sampai aturan yang sudah berlaku jangan sampai tak diimplementasikan dengan baik. “Jangan sampai latihan lain, main lain,”tandas Wagub menyikapi polemik Sekda Papua.

Editor | EDWIN RIQUEN