oleh

PON XX: KONI Papua Matangkan Target Juara Umum

JAKARTA (PTIMES)- Pandemi virus corona (Covid-19) tidak menyurutkan semangat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua dalam menjaga kesiapan para atletnya demi mengamankan target merebut juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021.

Demi mematangkan persiapan seribu lebih atlet PON Papua, KONI Papua dalam waktu dekat menggelar Training Center (TC) Sentralisasi dan TC Desentralisasi.

“TC dan persiapan selama ini diarahkan untuk mencapai peak performance pada jadwal awal PON XX pada bulan Oktober 2020. Namun karena ditunda maka perlu langkah-langkah strategis. Makanya kita akan menggelar TC Sentralisasi dan Desentralisasi dalam waktu dekat,”kata Sekretaris Umum KONI Papua Kenius Kogoya,SP.M.Si kepada para wartawan saat menutup Bimbingan Teknis Pelatih dan Asisten Pelatih tim PON Papua Se-Jawa, Bali dan dan Sulawesi, di Hotel Marcopolo Jakarta, Selasa malam (04/8/2020).

Menurut Kenius, dengan mundurnya pelaksanaan PON XX selama setahun akibat pandemi Covid-19 maka TC dan persiapan atlet-atlet Papua semakin panjang. “Latihan atlet PON Papua makin panjang. Makanya KONI Papua dalam waktu dekat melanjutkan TC Berjalan ke TC Sentralisasi dan TC Desentralisasi.”

Dikemukakan Kenius demi terwujudnya target juara umum PON XX, KONI Papua telah menggelar TC PON atlet Papua sejak tahun 2018 di Papua dan juga menyebar di luar Papua seperti Sulawesi Selatan, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi).

Sementara itu menginteraksi pertanyaan pers terkait persiapan penyelenggaraan PON dan pembangunan venue, Sekum KONI Papua mengatakan bahwa hal tersebut merupakan domainnya pemerintah dan Pengurus Besar (PB) PON XX Papua. Namun dari peninjauan KONI Papua bulan Juli lalu ke venue-venue PON XX, progress pembangunan venue sudah mencapai 90 persen dan diharapkan rampung akhir seluruhnya tahun 2020.

“Soal penyelenggaraan PON dan venue merupakan domain dari pemerintah dan PB PON. Namun dari hasil peninjauan KONI Papua ke berbagai venue, sebagian besar sudah siap 90 persen. Bahkan awal tahun bisa dilakukan tes event,”ujar Kenius Kogoya.

Dia menyampaikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo, Gubernur Papua, para menteri, bupati dan walikota yang telah bekerja luar biasa membangun berbagai venue cabang olahraga untuk pagelaran PON XX di Tanah Papua.

Sebelumnya, Ketua Harian PB PON Papua,DR Yunus Wonda,SH.MH dalam keterasanya pers di Jayapura menerangkan jika pembangunan venue PON XX sebagian besar sudah mencapai 90 persen. Diantaranya venue Cabor Aquatik, Menembak, Criket, Tinju, Hoki, futsal dan atletik dan lainnya.

“Persiapan venue sudah mencapai 90 persen. Kita harapkan tahun ini seudah rampung seluruhnya. Sedangkan persiapan penyelenggaraan juga digenjot tuntas tahun ini,”ungkap Yunus Wonda.

Editor: GUNGDE ARIWANGSA / HANS AL

Komentar

News Feed